Keutamaan Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 04/05/2021
 Photo by Abdulmeilk Aldawsari from Pexels
Photo by Abdulmeilk Aldawsari from Pexels

Oase.id – Ramadhan merupakan bulan mulia yang berlimpah keberkahan. Selain itu, pada bulan inilah kitab suci Al-Quran diturunkan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. Al Baqarah: 185

Mengkhatamkan Al-Quran saat bulan suci Ramadhan adalah sebuah pencapaian yang sangat baik. Ini karena keutamaan yang sudah disampaikan oleh Rasulullah ﷺ pada Sabdanya: Hadis HR. Tirmidzi dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

 
“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” (sebagai) satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.”

Dan beliau bersabda,

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam".

Mengkhamatankan Al-Quran di bulan Ramadhan juga dicontohkan langsung oleh Nabi ﷺ. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

 
أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

 
“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya),” (HR. Bukhari)

Nah, berikut beberapa keutamaan mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan yang dirangkum Oase.id;

1. Didoakan Malaikat

Sebanyak 60 ribu malaikat akan berdoa memohon ampunan untuk seseorang yang mengkhatamkan Al-Quran. Hal ini tertulis dalam hadis riwayat ad-Dailami, Nabi ﷺ bersabda:

"Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya."

Bahkan jika seseorang membaca 100 ayat dalam semalam, maka akan dicatat seluruh kebaikannya pada malam itu juga.

2. Amalan yang paling disukai Allah

Dalam salah satu riwayat, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang amalan apa yang paling dicintai oleh Allah Swt, dan Rasulullah pun menjawab.

“Wahai Baginda Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal." Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR Tirmidzi).

3. Memperoleh syafaat di hari kiamat

Nabi ﷺ bersabda, “Bacalah Al-Qur'an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya," (HR. Ahmad).

Dengan menyibukkan diri membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, Insha Allah Kita akan memperoleh syafaat di hari kiamat, aamiin.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus