Lebih dari 10 Juta Nama Orang Dibawa NASA ke Mars

Medcom.id - Teknologi dan Internet 31/07/2020
Photo by NASA
Photo by NASA

Oase.id- Roket Atlas V yang membawa robot penjelajah NASA Perseverance kini sudah dalam perjalanan di antariksa menuju planet Mars. Tidak hanya akan melakukan penelitian tapi robot rover tersebut juga membawa banyak nama manusia di bumi untuk pertama kalinya.
 
Di bulan September tahun lalu NASA menggelar program Send Your Name to Mars, di sini siapa pun bisa mendaftar untuk namanya di bawa ke planet merah tersebut. Bagaimana caranya? Nama mereka akan terukir di pelat yang dipasang pada robot rover Perseverance.

Dikutip dari situs resmi NASA, di tanggal 26 Mraret 2020 mereka memasang tiga buah chip berukuran kuku jemari tangan pada pelat di badan rover Perseverance. Sebanyak 10.932.295 nama diukir ke chip ini menggunakan laser elektron.

 

Nama ini berasal dari mereka yang sudah mendaftarkan diri di situs NASA Send Your Name To Mars tahun lalu. Mereka yang mendaftar akan mendapatkan sebuah bukti dalam bentuk boarding pass yang sama seperti tiket penerbangan pesawat.

 
NASA Bawa 10,9 Juta Nama Manusia ke Planet Mars
 
Tidak ketinggalan di pelat tersebut juga diukir esai dari 155 finalis yang pernah ikut dalam lomba penamaan robot rover "Name the Rover". Artinya, misi antarika ke Mars ini akan mendapatkan banyak dukungan dari manusia di Bumi.
 
Di tanggal 26 September 2019 silam, Medcom.id melaporkan beberapa negara yang jumlah pendaftarnya bisa dicek di situs program Send Your Name To Mars. Saat itu tercatat sudah ada 9.761.716 orang yang mendaftarkan tiket penerbangan ke Planet Mars bersama NASA.
 
Negara Turki menjadi yang paling banyak yaitu ada 2.523.504 pendaftar, India sebanyak 1.522.381 pendaftar, dan Amerika Serikat di angka 1.199.183 pendaftar. Bagaimana dengan Indonesia? Tercatat ada sebanyak 232.472 nama yang mendaftarkan diri.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan