Bukan Sekadar Pendamping Makanan, Mentimun Juga Memiliki Sejuta Manfaat untuk Tubuh

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 23/02/2021
Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay
Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay

Oase.id – Mentimun atau timun biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam pendampingan makanan seperti lalapan atau acar. Namun, tahukah kamu bahwa mentimun juga memiliki sejuta manfaat untuk tubuh?

Mentimun yang memiliki bahasa latin Cucumis Sativus menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Selain bisa dijadikan infused water yang berguna untuk menjaga berat badan ideal, mentimun juga punya banyak khasiat lain.

Berikut manfaat mentimun untuk kesehatan seperti dilansir dari womenshealthmag.co:

1. Antioksidan dan Zat Gizi Mikro
Menurut Journal of Aging Research and Clinical Practice, mentimun mengandung sekelompok polifenol yang disebut lignan, yang akan membantu dalam mengobati kanker yang berhubungan dengan estrogen.

"Dalam mentimun juga mengandung beta karoten dan flavonoid yang membantu melawan peradangan dan melindungi sel dari penyakit kronis," kata Ahli Dietetika & Gizi, Jessica Perez, RD.

2. Menjaga Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi berisiko terkena aneurisma atau stroke. Menurut American Heart Association, mentimun kaya akan kalium elektrolit yang dapat mengurangi retensi natrium sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

3. Menjaga Pencernaan
Mentimun juga merupakan buah yang mengandung banyak serat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Menurut ahli Dietetika & Gizi, Jessica Perez, RD, "serat membantu meningkatkan kesehatan usus dan keteraturan buang air besar, bermanfaat dalam mengelola kondisi tertentu seperti diabetes dan kolesterol tinggi.”

4. Hidrasi
Kandungan air pada mentimun akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan untuk mencegah terjadinya sembelit juga membuat bakteri. "Mentimun dapat membantu untuk mencapai asupan cairan tubuh harian yang disarankan," kata Jessica Perez, RD.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus