Sering Terlupa, Berikut Keistimewaan Mengucapkan Salam bagi Umat Islam

Phooby Kamaratih - Hukum Islam Nabi Muhammad Saw 28/07/2021
 Photo by Monstera from Pexels
Photo by Monstera from Pexels

Oase.id – Mengucapkan salam dan menjawabnya merupakan salah satu adab yang sangat sederhana tapi memiliki keistimewaan yang luar biasa dalam kehidupan masyarakat muslim. Mengucapkan salam saat bertemu dengan seseorang atau berkunjung bukan hanya sebatas tradisi. Karena, Rasulullah ﷺ pun menganjurkan kepada umatnya untuk mengucapkan salam.

Diriwayatkan HR Bukhari-Muslim, Abdullah Bin Amr berkata, seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam, “Islam apakah yang paling baik?” Kemudian beliau menjawab, “Islam yang baik adalah memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal”

Banyak keistimewaan yang diperoleh ketika umat Islam mengucapkan salam. Berikut Oase.id, merangkum 3 keistimewaan ketika mengucapkan salam:

1. Pahala kebaikan yang berlipat ganda

Mengucapkan salam kepada sesama umat muslim baik yang dikenal ataupun tidak merupakan anjuran dan akan memperoleh banyak kebaikan. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat;

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang pemuda melewati Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, sedang dalam keadaan duduk di sebuah Majelis. Maka pemuda ini mengucapkan “Assalamualaikum”, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “bagi dia 10 kebaikan”. Lalu lewat pemuda yang lain dan mengatakan: “Assalamualaikum wa rahmatullah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “Bagi dia 20 kebaikan.” Kemudian lewat lagi Pemuda yang lainnya mengatakan: “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: ”Bagi dia 30 kebaikan”  (HR. Ibnu Hibban 493, Abu Daud 5195, Tirmidzi 2689 dan ini adalah lafadz Ibnu Hibban)

2. Bentuk saling mencintai dan membuka pintu surga

"Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Tidakkah kalian beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kutunjukkan kepada kalian sesuatu yang jika kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian!" (HR Abu Dawud).

Dengan mengucapkan salam antara manusia merupakan bentuk cintai kasih yang paling dicintai Rasulullah ﷺ. Maka dengan mengucapkan salam kita sebagai umat Muslim bisa lebih dekat dengan Nabi Muhammad ﷺ.

3. Menyempurnakan keimanan

Mengucapkan salam kepada sesama umat islam menjadi perkara yang bisa meningkatkan kualitas keimanan kita kepada Allah SWT. Sebuah hadits dari ‘Ammar bin Yasir, Nabi ﷺ mengatakan:

“Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: 1 bersikap adil pada diri sendiri, 2 mengucapkan salam pada setiap orang, dan 3 berinfak ketika kondisi pas-pasan. ” (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al Albani dalam Al Imam mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dengan keistimewaan mengucapkan salam yang luar biasa ini, semoga kita sebagai umat Muslim selalu menebarkan salam kepada setiap muslim dimanapun. Sebagai bentuk adab beragama, salah satu ciri akhir zaman ialah hilangnya adab.


(ACF)