Baca Hasbunallah Wanikmal Wakil, Dijamin Ketenangan!

Phooby Kamaratih - Dzikir Al-Quran 10/01/2022
Photo by Michael Burrows from Pexels
Photo by Michael Burrows from Pexels

Oase.id – Dzikir adalah puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang. Dalam Al-Quran, kita sebagai umat muslim juga dianjurkan untuk berdzikir agar senantiasa mengingat Allah dan kebesaran-Nya.

Kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil (حَسۡبُنَا اللّٰهُ وَنِعۡمَ الۡوَكِيۡلُ) menjadi salah satu dzikir yang menunjukan bahwa kita sebagai Hamba-Nya hanya mampu bergantung dan menyerahkan semua kehidupan kepada Allah Swt.

Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan potongan ayat Ali 'Imran ke 173 yang artinya "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung." Dzikir ini tentu sangat baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ayat tersebut berbunyi:

اَلَّذِيۡنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدۡ جَمَعُوۡا لَـكُمۡ فَاخۡشَوۡهُمۡ فَزَادَهُمۡ اِيۡمَانًا ۖ وَّقَالُوۡا حَسۡبُنَا اللّٰهُ وَنِعۡمَ الۡوَكِيۡلُ

“(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, "Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung." (QS. Ali 'Imran : 173)

Kali ini Oase.id akan membahas beberapa manfaat yang diperoleh jika mengamalkan dzikir ini:

1. Bentuk Ketaqwaan

Mengamalkan bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil setiap hari, menjadi salah satu bentuk ketaqwaan manusia kepada Allah Swt dan menjadi wujud kedekatan kita kepada Sang Pencipta. Kalimat yang mengartikan berserah diri, bukti bahwa manusia benar benar menyerahkan keseluruhan urusan, permasalahan dan beban kita kepada Allah swt.

2. Diberikan ketenangan

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya manusia akan dihadapkan oleh berbagai macam problematika terutama persoalan dunia. Mulai dari berita duka, kegagalan dan hingga kesulitan hidup, dengan membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil maka Allah akan memberikan pertolongan dan ketenangan batin.

3. Datangnya pertolongan dan menghilangkan rasa takut

Berdzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil dengan tujuan meminta pertolongan dan memohon perlindungan, maka Allah akan datangkan hal tersebut. Karena Allah lah sebaik-baiknya zat yang patut disembah dan dimintai pertolongan.

Selain itu, membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil mampu menghilangkan perasaan takut. Hal ini dikisahkan pada perang Uhud, di mana saat perang banyak kaum muslimin banyak yang gugur dan Rasulullah ﷺ pun terluka. Namun, di tengah rasa lelah dan terluka Rasulullah ﷺ memerintahkan mereka untuk bersiap kembali menghadapi kafir Quraisy dan mengajarkan kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil kepada pasukan Muslimin agar terhindar dari perasaan takut.


(ACF)