Doomed in Gaza: Derita Pengidap Kanker Payudara Wanita Palestina

N Zaid - Palestina 11/01/2023
Ilustrasi. Foto Middle Eeast EYE
Ilustrasi. Foto Middle Eeast EYE

Oase.id - Bagi banyak wanita di Gaza, mengetahui bahwa mereka mengidap kanker payudara bukanlah berita terburuk. Menyadari bahwa mereka tidak akan bisa mendapatkan pengobatan atau obat yang mereka butuhkan, karena pengepungan Israel di kantong itu, jauh lebih buruk.

Inilah fokus dari film dokumenter Doomed in Gaza, yang dirilis pada akhir 2022 dan memulai festival Mediterranean Cinema Week, yang diadakan selama bulan November di Yerusalem. Film ini juga diputar di Gaza, Jericho, Ramallah, Hebron dan Nablus.

Film dokumenter, yang dibuat oleh sutradara Spanyol Beatriz Lecumberri dan Ana Alba, menyoroti isolasi dan kesengsaraan yang dihadapi banyak wanita penderita kanker payudara di Gaza ketika mereka tidak bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Pengepungan Israel yang menyesakkan di Jalur Gaza, yang sekarang memasuki tahun ke-15, sering kali mengakibatkan penundaan perawatan bagi pasien, pencegahan bepergian ke luar Jalur Gaza, dan kesulitan mendapatkan obat-obatan.

Menurut film tersebut, di Spanyol, tingkat kelangsungan hidup wanita penderita kanker payudara adalah 90 persen setelah lima tahun setelah diagnosis, sedangkan untuk wanita di Gaza mencapai sekitar 65 persen, sementara beberapa LSM menyebutkan angkanya sekitar 50 persen.

Blokade darat, laut, dan udara diberlakukan setelah Hamas memenangkan pemilihan legislatif pada tahun 2006. Hal itu telah menghancurkan kehidupan sosial dan ekonomi di daerah kantong pantai. Pembatasan yang ketat terhadap pergerakan orang dan barang telah menyebabkan dua juta warga Palestina hidup dalam keadaan penjara terbuka.

Berbagi pengalaman mereka
Meski Lecumberri sendiri tidak berlatar belakang film, ia merasa bahwa cerita tersebut perlu diceritakan secara visual setelah bertemu dengan wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara di Gaza, dan sedang berjuang untuk mendapatkan obat.

“Ketika Ana dan saya bertemu dengan para wanita, kami menyadari bahwa cerita ini terlalu menarik untuk dijadikan laporan radio atau artikel surat kabar… kami menyimpulkan bahwa lebih baik memproduksi film,” katanya kepada Middle East Eye. “Sangat penting untuk melihat wajah para wanita dan memberi mereka kesempatan untuk berbagi pengalaman,” tambahnya.

Keduanya sama-sama bekerja sebagai jurnalis di Yerusalem, dan melihat secara langsung seberapa sering perempuan dilarang mengakses pengobatan oleh Israel, karena dugaan ikatan keluarga dengan "anggota Hamas".

Lecumberri dan Garcia memutuskan untuk mendasarkan karakter utama film tersebut pada Neveen Habub, 42, yang mengetahui bahwa dia menderita kanker payudara pada tahun 2012. Setelah menjalani operasi, kanker tersebut kemudian menyebar ke tulang dan otaknya. Karena kurangnya kemoterapi di Gaza, dia terus menerus menderita.

Setelah ditolak izinnya dan terus-menerus harus menunggu untuk pergi ke Yerusalem untuk mendapatkan perawatan, Habub meninggal dunia.

‘Tragedi kemanusiaan’
Bagi Lecumberri, melakukan wawancara untuk film dokumenter itu sulit pada awalnya.

“Wanita yang sakit awalnya merasa tidak punya apa-apa untuk dikatakan, tetapi kami bertemu mereka berkali-kali dan menghabiskan beberapa hari bersama mereka,” katanya. “Mereka secara bertahap merasa nyaman dan mulai berbagi cerita,” tambahnya.

Selama pemutaran film dokumenter di Cinema Week Festival, penonton tampak terharu, banyak dari mereka yang meneteskan air mata.

Beberapa penonton Palestina yang menonton film dokumenter tersebut mengetahui untuk pertama kalinya kesulitan yang dialami para penderita kanker perempuan di Gaza. Yang lain mengatakan bahwa mereka tidak terkejut, mengingat bagaimana pendudukan Israel telah berdampak pada banyak aspek kehidupan warga Palestina.

“Ini adalah pertama kalinya saya mengetahui tentang masalah ini,” kata seorang penonton bernama Lamaa kepada Middle East Eye. “Aspek unik dari film ini adalah berfokus pada sudut kemanusiaan, tragedi dan penderitaan para wanita ini. Itu sangat menyentuh hati saya, ”tambahnya.

Haneen Odettalla, seorang wanita Palestina dari Nazareth, mengatakan bahwa menurutnya film itu menarik karena dia melihat secara langsung bagaimana pengepungan berdampak pada wanita.

“Film itu menggelitik saya karena kekerasan politik terhadap perempuan dan penolakan hak mereka untuk menerima perawatan medis sebagai manusia normal,” katanya.

Lecumberri mengatakan bahwa film itu dimaksudkan untuk mendidik dan memberi tahu pemirsa tentang bagaimana orang yang didiagnosis menderita kanker dikurung di daerah kecil di Gaza, tidak dapat keluar untuk mendapatkan perawatan.

“Target penonton film ini belum tentu penonton Arab,” katanya, menjelaskan betapa banyak orang Eropa yang menonton film tersebut tidak dapat memahami hal ini terjadi di negara asal mereka.

Meskipun film tersebut ditujukan untuk penonton global, Lecumberri mengatakan dia senang film itu juga dapat mendidik warga Palestina yang tinggal di bagian lain negara itu, dari Yerusalem hingga Ramallah.

“Akhirnya, mereka mulai memahami bahwa Gaza benar-benar terisolasi… sangat mengejutkan bagi saya bahwa film ini juga dapat menawarkan sesuatu untuk warga Palestina,” katanya.

Biaya kemanusiaan dari pengepungan
Untuk sutradara film, salah satu tujuan utamanya adalah untuk fokus pada dampak kemanusiaan dari pengepungan di Gaza dan bagaimana hak asasi perempuan terpengaruh.

Film ini tidak berpusat atau menyebut-nyebut partai politik, tokoh, atau otoritas apa pun, melainkan berfokus pada orang biasa.

Film ini juga menyentuh kisah Aisha Al Lulu, seorang gadis berusia lima tahun yang menjalani operasi tumor otak di Yerusalem, namun keluarga dan kerabatnya tidak mendapatkan izin untuk menemaninya. Gadis muda itu akhirnya meninggal tanpa keluarga di sekitarnya pada Mei 2019.

Di Gaza, banyak perempuan terpaksa menunggu lama untuk mendapatkan izin agar bisa meninggalkan Jalur Gaza dan mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Menurut laporan bulanan oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada bulan April, Israel hanya menyetujui 57 persen izin masuk pasien dari Gaza. Kelompok hak asasi manusia internasional dan mekanisme PBB menyebut pengepungan itu sebagai hukuman kolektif yang melanggar hukum.

Pada titik ini, kondisi pasien bisa memburuk dengan cepat.

“Saya percaya bahwa pendudukan Israel menyerang hak saya, salah satu hak saya yang paling sederhana, untuk mendapatkan pengobatan,” kata Iman Alnajar, seorang penderita kanker dalam film tersebut.

Alnajar didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2017, tetapi tidak dapat memperoleh izin keluar untuk memungkinkannya mendapatkan radioterapi yang dibutuhkannya. Namun saudara perempuannya, yang juga didiagnosis menderita kanker payudara, dapat melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk mendapatkan pengobatan.

Film ini juga menggali stigma yang dihadapi banyak wanita di Gaza ketika mereka didiagnosis menderita kanker, dengan beberapa dari mereka mengatakan bahwa mereka diperlakukan sebagai "abnormal".

Beberapa wanita mengatakan mereka menyembunyikan diagnosisnya, karena beberapa orang menganggapnya memalukan. Menurut beberapa wanita, inilah alasan mengapa banyak yang tidak melakukan pemeriksaan medis dini, mencegah mereka menemukan potensi kanker payudara sejak dini.

Isu mengenai perubahan seksualitas, feminitas, atau kesuburan perempuan juga bisa dipandang sebelah mata sehingga diperlakukan berbeda. Dalam beberapa kasus, seperti yang disebutkan dalam film, hal ini menyebabkan perceraian seorang wanita berusia 32 tahun.

Sejak diluncurkan, film ini mendapat pujian dan telah dipamerkan di sejumlah festival.

“Kami menerima hadiah atau menjadi finalis dalam festival di tempat-tempat yang sangat tidak terduga, seperti Swedia, Kanada, dan Amerika Latin. Ini menunjukkan bahwa orang-orang di tempat-tempat tersebut mengenali pesan penting dan kisah unik film tersebut,” kata Lecumberri.


(ACF)
TAGs: Palestina