Syekh Sudais Akan Pimpin Sholat Idul Adha 2024 di Masjid Al Haram

N Zaid - Haji 10/06/2024
Foto: theislamicinformation
Foto: theislamicinformation

Oase.id - Syekh Abdur Rahman As-Sudais, Imam terhormat Masjidil Haram, Makkah, akan memimpin salat Idul Adha 2024. Sheikh Sudais juga merupakan presiden Presidensi Umum dua Masjid Suci, yang mengawasi segalanya termasuk operasional dan persiapan masjid suci.

Idul Adha adalah “Hari Raya Pengorbanan”, salah satu peristiwa paling penting dalam kalender Islam. Umat ‚Äč‚ÄčIslam di seluruh dunia merayakan peristiwa ini, yang memperingati kesediaan Nabi Ibrahim (A.S.) untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail (A.S.) sebagai tindakan ketaatan kepada Allah.

Sholat yang dipimpin oleh Syekh As-Sudais di Masjidil Haram menjadi titik fokus perayaan tersebut, yang menarik jutaan jemaah haji 2024.

Sementara itu, Departemen Meteorologi Saudi telah mengumumkan bahwa ada kemungkinan 50% hingga 60% curah hujan di tempat-tempat suci selama musim haji tahun ini.

Prakiraan ini mempunyai implikasi signifikan bagi jutaan jamaah yang sedang mempersiapkan diri menghadapi gelombang panas.

Curah hujan di Makkah dan sekitarnya selama ibadah haji dapat menciptakan tantangan sekaligus peluang. Di satu sisi, suhu yang lebih sejuk akibat hujan dapat meredakan panas terik, sehingga lebih nyaman bagi para peziarah selama melakukan ritual di luar ruangan.

Di sisi lain, hujan deras dapat menyebabkan permukaan licin dan berpotensi banjir sehingga mengganggu arus jamaah dan mempersulit pelaksanaan berbagai ibadah haji.

Pihak berwenang Saudi, yang menyadari potensi tantangan ini, telah menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan keselamatan.

Pihak berwenang Saudi menerapkan langkah-langkah untuk mengelola kondisi cuaca yang diperkirakan terjadi, memastikan bahwa ibadah haji berjalan lancar dan aman.

Jamaah diimbau untuk tetap mendapat informasi terkini tentang cuaca terkini dan mengikuti pedoman dari penyelenggara haji untuk mengurangi risiko apa pun yang terkait dengan hujan.

Sistem drainase telah diperiksa dan diperbaiki untuk mencegah penumpukan air, dan tim tanggap darurat bersiaga untuk membantu jamaah jika terjadi cuaca buruk.

Selain itu, tempat berteduh dan tempat teduh telah disiapkan untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari dan hujan.


(ACF)
TAGs: Haji