Menempa Diri Menghadapi Ramadhan di Bulan Syaban

N Zaid - Bulan Syaban 01/02/2023
Ilustrasi. Foto Unsplash
Ilustrasi. Foto Unsplash

Oase.id -  Ramadhan sebentar lagi mendekat umat Muslim. Sebelum itu, satu bulan yang juga istimewa akan mendahuluinya, yaitu Syaban.

Syaban, bulan kedelapan Hijriah Islam atau kalender lunar, dan bulan yang mendahului bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling dicintai Nabi Muhammad ﷺ.

Syaban penting karena berbagai alasan. Pertama, saat umat Islam mulai bersiap-siap menyambut bulan Ramadhan.

Itu di pertengahan bulan Shaaban ketika umat Islam percaya bahwa Tuhan memerintahkan Nabi Muhammad untuk mengubah kiblat, arah yang menghadap umat Islam ketika salat, dari Masjid Al-Aqsa di Yerusalem ke Kaabah Suci di Mekah.

Masjid Al-Aqsa telah menjadi kiblat selama tiga belas tahun di Mekkah, dan selama hampir delapan belas bulan setelah Nabi Muhammad ﷺ hijrah ke Madinah.

Ayat-ayat Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad, menginstruksikan dia dan semua Muslim untuk menghadap Kaabah di Mekah ketika mereka ﷺ. Sebagian besar interpretasi menyebutkan tanggal kejadian ini pada pertengahan bulan Shaaban.

Tradisi Nabi Muhammad menunjukkan bahwa dianjurkan untuk berpuasa selama Syaban.

Sahabat Nabi Anas bin Malik yang terkenal melaporkan bahwa Nabi Muhammad ditanya: "Puasa mana yang paling berjasa setelah puasa Ramadhan?"

Nabi Muhammad menjawab, “Puasa Syaban untuk menghormati Ramadhan.”

Puasa di bulan Syaban ibarat latihan mental dan fisik untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Banyak umat Islam mungkin mengalami kesulitan ketika memulai puasa di bulan Ramadhan, tetapi jika mereka mulai berpuasa beberapa hari di bulan Syaban, tubuh mereka mungkin akan terbiasa dengan puasa dan tidak merasa begitu lesu dan lemah ketika bulan Ramadhan tiba.

Syaban seperti pengantar Ramadhan dan memiliki beberapa kesamaan dengan Ramadhan, seperti puasa, membaca Alquran dan memberi sedekah.

Aisyah, istri Nabi Muhammad ﷺ diriwayatkan pernah berkata, “Rasulullah biasa berpuasa sampai kami mengira dia tidak akan pernah berbuka, dan tidak berpuasa sampai kami mengira dia tidak akan berpuasa. Saya tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa selama sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah melihatnya berpuasa lebih dari yang dia lakukan di Shaaban.”

Putra angkat Nabi Usamah bin Zaid meriwayatkan, “Aku berkata kepada Nabi, ‘Wahai Rasulullah! Saya tidak melihat Anda berpuasa di bulan mana pun seperti yang Anda lakukan di bulan Syaban. ' Nabi berkata, 'Orang-orang mengabaikan bulan ini yang antara Rajab dan Ramadhan; di bulan ini amal-amal manusia dipersembahkan kepada Allah, jadi saya ingin amal saya dipersembahkan saat saya berpuasa.’”

Meskipun puasa diwajibkan di bulan Ramadhan, umat Islam percaya puasa di Syaban bermanfaat dalam beberapa hal karena menawarkan kesempatan untuk mulai mempersiapkan Ramadhan.

Di Syaban, banyak cendekiawan Muslim dan lainnya biasa secara konsisten membaca Al-Qur'an bersama dengan puasa, yang juga membantu rutinitas ibadah kita di bulan Ramadhan mendatang.

Umat Islam percaya bahwa jika mereka mulai meningkatkan ibadah di Syaban, mereka akan menikmati buah dari usaha mereka di bulan suci Ramadhan.(Saudi Gazette)


(ACF)
TAGs: Bulan Syaban