Hal yang Bisa Dilakukan Umat Muslim dalam Menyambut Ramadhan

Octri Amelia Suryani - Ramadhan Lailatul Qadar Bulan Syaban Puasa Syaban 12/03/2022
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh 15329403 dari Pixabay)

Oase.id - Bulan Ramadhan yang disebut sebagai bulan yang mulia dan penuh berkah akan segera datang. Bulan ini sangat dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Sebab, salah satu peristiwa yang ada pada bulan ini terdapat malam lailatul qadar, yang mana semua malaikat turun ke bumi dengan membawa segala urusannya.

Banyak yang ingin mendapatkan malam tersebut, sehingga berbagai amalan-amalan akan dilakukan oleh umat muslim demi memperbanyak pahala mereka. Tetapi apakah kita sudah siap untuk menyambut bulan Ramadhan yang mulia ini?

Demi kelancaran dalam melakukan ibadah tersebut, Oase.id akan memaparkan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan:

1. Membekali diri dengan ilmu

Hal yang pertama adalah membekali diri dengan ilmu. Karena ilmu sangat penting, dan tanpa ilmu seseorang akan melakukan hal yang sia-sia.

2. Segera melakukan Qada`

Jika seseorang memiliki hutang puasa Ramadhan sebelumnya, maka segeralah melunasi hutang puasa tersebut sebelum puasa Ramadhan selanjutnya.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. AL-Baqarah ayat 185:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Artinya: Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. (QS. Al Baqarah: 185)

3. Berlatih puasa di bulan Syaban

Banyak sekali amalan-amalan yang akan mendatangkan berkah di bulan ini, salah satunya yang diteladani oleh Nabi Muhammad ﷺ yaitu memperbanyak puasa sunnah.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis:

Aisyah RA berkata, “Dahulu Rasulullah ﷺ berpuasa sampai kami mengatakan bahwa beliau tidak berbuka, dan berbuka sampai kami mengatakan bahwa beliau tidak berpuasa. Dan saya tidak pernah melihat Rasulullah ﷺ menyempurnakan puasa dalam sebulan kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada bulan Syaban.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Banyak Berdoa di Bulan Syaban

Disebutkan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi, orang yang beriman itu ketika menjelang Ramadhan selalu memperbanyak doa di bulan Syaban bahkan sampai ke penghujung bulan tersebut.

Demikian beberapa hal yang dapat kita amalkan menjelang bulan Ramadhan.


(ACF)