3 Manfaat yang Kita Dapat Jika Berprasangka Baik Kepada Allah

Phooby Kamaratih - Hukum Islam 22/09/2021
 Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id - Sebagai manusia, kita kerap mengeluh ketika menghadapi suatu cobaan atau ujian dari Allah SWT. Bahkan, tak jarang kita menumpahkan keluh kesah kita dengan berprasangka buruk pada Allah SWT. Misalnya; dengan mengatakan, "Mengapa cobaan atau ujian ini terlalu begitu berat ya Allah." Padahal, Allah tidak pernah memberikan cobaan di luar kemampuan kita.

Nah, sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk yang sempurna, hendaknya kita wajib untuk selalu berprasangka baik apapun keadaannya. Dengan selalu bersangka baik kepada Allah, niscaya akan mendatangkan banyak rahmat dan keberkahan dalam hidup.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut 3 manfaat yang akan kita dapatkan jika berprasangka baik kepada Allah SWT:

1. Dikabulkan doanya

Berdoa kepada Allah merupakan salah satu bentuk berprasangka baik kepada Allah, dan jika berdoa dengan penuh prasangka baik maka doa-doa kita akan dikabulkan. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. Al-Baqarah : 186)

Selain itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR. Tirmidzi no. 3479)

2. Termasuk Ibadah

Berprasangka baik kepada Allah termasuk dalam ibadah yang tentunya dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah ﷺ bersabda,

إن حسن الظن بالله من حسن العبادة

“Sesungguhnya berprasangka baik pada Allah adalah termasuk sebaik-baiknya ibadah.” (HR. Abu Daud)

3. Jauh dari rasa takut

Orang-orang yang selalu berprasangka baik kepada Allah akan dijauhkan dari rasa takut, karena dalam hatinya selalu yakin bahwa Allah akan selalu memberikan apapun yang baik dalam hidup. Dari Anas ra, Sesungguhnya Rasulullah masuk untuk menemui seorang pemuda yang sedang sakaratul maut, lalu Rasulullah ﷺ bersabda:

كَيْفَ تَجِدُكَ قَالَ أَرْجُو اللهَ يَا رَسُولَ اللهِ وَأَخَافُ ذُنُوبِي فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَجْتَمِعَانِ فِي قَلْبِ عَبْدٍ فِي مِثْلِ هَذَا الْمَوْطِنِ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللهُ مَا يَرْجُو وَآمَنَهُ مِمَّا يَخَافُ

“Bagaimana keadaanmu? Pemuda itu berkata, “Ya Rasulullah ﷺ, aku mengharapkan rahmat Allah dan aku sangat takut akan dosaku.” Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah takut dan roja berkumpul dalam hati seorang hamba dalam keadaan seperti ini kecuali Allah akan memberikan kepadanya apa-apa yang diharapkannya, dan akan memberikan keamanan kepadanya dari perkara yang ditakutinya.”  (HR. Tirmidzi)


(ACF)
TAGs: Hukum Islam