Isi Rukun Iman Ada 6, Perbedaan dengan Rukun Islam

Siti Mahmudah - Rukun Iman Rukun Islam Hukum Islam 08/03/2022
Ilustrasi Al-Quran (Foto: shzern-Pixabay)
Ilustrasi Al-Quran (Foto: shzern-Pixabay)

Oase.id - Sebagai muslim, kita patut memahami landasan atau fondasi utama agama Islam. Dalam hal ini, rukun Iman dan rukun Islam.

Rukun Iman diketahui ada 6, yang isinya mengandung pokok-pokok kepercayaan dalam Islam. Sementara rukun Islam ada 5. Isinya adalah menjalankan kepercayaan sebagai penganut agama Islam.

Dalam artikel ini, Oase.id akan menjelaskan pengertian dan makna yang terkandung dalam rukun Iman dan rukun Islam. Juga apa yang membedakan antara rukun Iman dan rukun Islam.

Rukun Iman

Pengertian iman menurut riwayat hadits Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah dijelaskan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (SAW). Suatu ketika, diceritakan para sahabat melihat Nabi Muhammad ﷺ. Kemudian salah seorang sahabat mendatangi putra Abdullah bin Abdul Muthalib.

Ia bertanya,"Wahai Rasulullah, apakah iman itu?"

Rasul menjawab, "Iman artinya engkau percaya kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan engkau beriman kepada kebangkitan."

Sementara, pengertian Iman juga disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Umar bin Khatthab Radhiyallahu'anhu (RA).

Suatu hari Rasulullah ﷺ didatangi oleh Malaikat Jibril, dan Jibril bertanya, "Beritahukanlah kepadaku apa itu iman."

Rasulullah bersabda: "Iman itu artinya engkau beriman kepada Allah, para malaikat-malaikat Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk."

Apabila diringkas dari kedua hadis tersebut, maka rukun iman ada 6, yakni:

  1. Iman kepada Allah
  2. Iman kepada malaikat-malaikat Allah
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Iman kepada rasul-rasul Allah
  5. Iman kepada hari kiamat
  6. Iman kepada qada dan qadar 

Rukun Islam 

Selanjutnya, dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah, setelah mendapat jawaban dari Rasulullah tentang pengertian iman sang sahabat kemudian bertanya, "Apakah Islam itu."

Rasulullah ﷺ bersabda:
"Islam itu adalah engkau beribadah kepada Allah, tidak menyekutukannya, mendirikan salat, mengeluarkan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan Ramadhan."

Senada, diiwayatkan juga dari Ibnu Umar dalam hadits Imam Al Bukhari dikutip dari Kitab Al-Lu lu wal Marjan karya Muhammad Fuad Abdul Baqi, Rasulullah ﷺ bersabda:

"Islam dibangun di atas lima pondasi, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, haji dan puasa pada bulan Ramadhan."

Konsklusi dari hadis tersebut, para ulama menyebutkan bahwa rukun Islam ada 5. Yakni sebagai berikut:

  1. Mengucap dua kalimat syahadat
  2. Mendirikan salat
  3. Menunaikan zakat
  4. Berpuasa di bulan Ramadan
  5. Menunaikan ibadah haji ke Baitullah bila mampu
Sumber: Disarikan dari keterangan dalam kitab Safinatun Najah karya Salim bin Sumair al-Hadhrami


(ACF)