Tambah cantik, Inilah 3 Manfaat Mengonsumsi Kolagen

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 18/01/2022
 Photo by PNW Production from Pexels
Photo by PNW Production from Pexels

Oase.id – Mendapatkan kulit yang sehat merupakan impian setiap orang, terutama perempuan remaja. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh kulit yang sehat, salah satunya adalah mengonsumsi kolagen.

Baru-baru ini, suplemen kolagen menjadi daya tarik dalam dunia kecantikan karena khasiatnya yang luar biasa. Dilansir dari healthline.com, berikut penjelasan tentang collagen dan beberapa manfaat bagi kulit:

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah jenis protein berserat dan tak larut dengan jumlah yang berlimpah dalam tubuh manusia. Protein ini menjadi pondasi utama untuk berbagai bagain tubuh seperti, tulang, kulit hingga jaringan lainnya yang berdampak pada struktur yang lebih baik.

Makanan apa saja yang mengandung kolagen?

Pada dasarnya makanan yang mengandung gelatin, seperti kaldu tulang itu menyediakan kolagen. Sebuah penelitian Biochemistry, Collagen Synthesis menjelaskan bahwa mengonsumsi vitamin C juga sangat penting untuk menjaga sintesis kolagen pada tubuh, seperti buah jeruk, brokoli, dan paprika.

Manfaat mengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen?

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Dengan mengonsumsi suplemen kolagen mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Hal ini tentu akan membantu struktur kulit menjadi lebih elastis dan halus. Selain itu, kekurangan kolagen dalam kulit dapat menyebabkan kulit kering dan timbul kerutan.

2. Meredakan nyeri sendi

Kolagen membantu menjaga integritas tulang rawan, terutama pada otot yang melindungi persendian. karena jumlah kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kolagen menyediakan struktur untuk arteri, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa kolagen atau kekurangan kolagen yang cukup, akan membuat arteri menjadi kurang fleksibel dan berujung pada menurunnya kesehatan jantung.

Manfaat lain kolagen untuk kesehatan:

  • Rambut dan kuku, jumlah kolagen yang meningkatkan mampu mencegah kerapuhan dan dapat membantu rambut dan kuku tumbuh lebih panjang dan sehat.
  • Kesehatan otak, tidak ada penelitian khusus yang menjelaskan tentang kolagen dan kesehatan otak namun, beberapa orang yang mengonsumsi suplemen mengklaim bahwa kolagen mampu meningkatkan mood dan mengurangi gejala kecemasan.


(ACF)