Hampir 6 Juta Jamaah Mengunjungi Masjid Nabawi dalam Satu Minggu

N Zaid - Umrah 19/01/2024
Foto: Iqna
Foto: Iqna

Oase.id - Pengunjung Masjid Nabawi di kota Madinah di Arab Saudi melonjak menjadi 5,8 juta dalam satu minggu, menurut angka resmi.

Peningkatan ini bertepatan dengan libur sekolah di Arab Saudi. Otoritas Umum Pemeliharaan Masjid Nabawi melaporkan, lonjakan tersebut terjadi pada tanggal 28 bulan lunar Islam Juamad II dan empat Rajab.

Jumlah tersebut mencakup jamaah laki-laki sebanyak 130.401 orang dan jamaah perempuan sebanyak 115.551 orang. Waktu kunjungan terpisah diberikan untuk setiap jenis kelamin, dan mereka mengunjungi Al Rawda Al Sharifa, tempat makam Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam berada.

Selama sepekan ini juga dilakukan pembagian 123.200 bungkus air zamzam dan 99.832 porsi makanan buka puasa di area yang telah ditentukan di masjid. Selain itu, 2.492 pengunjung menjelajahi pameran di paviliun masjid, mempelajari perluasannya selama bertahun-tahun.

Setelah menunaikan umroh di Masjidil Haram di Mekkah, banyak jamaah yang berangkat ke Madinah untuk salat di Masjid Nabawi dan mengunjungi landmark Islam lainnya di kota tersebut. Arab Saudi mengharapkan sekitar 10 juta Muslim dari luar negeri untuk menunaikan umrah pada musim ini, yang dimulai lebih dari enam bulan lalu.

Otoritas Umum untuk Perawatan Dua Masjid Suci telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan layanan bagi pengunjung, termasuk pekerjaan disinfeksi dan pembersihan, mengatur arus orang banyak, dan membantu penyandang disabilitas dan lansia.(iqna)


(ACF)
TAGs: Umrah