5 Tempat Wisata Top yang Wajib Dikunjungi Ketika di Yaman

N Zaid - Travel 13/05/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Yaman adalah salah satu negara terpenting di timur tengah di semenanjung Arab yang memiliki sejarah budaya yang menarik. Dalam Alkitab, tempat ini disebut sebagai Sheba, tempat perdagangan yang sangat makmur. Belakangan pengaruh Yahudi dan Kristen. Pengaruh Islam datang kemudian tetapi menyebar dengan sangat cepat selama abad ke-7 Masehi. 

Yaman memiliki elemen dunia kuno yang menarik. Selain itu memiliki beberapa keajaiban alam yang unik juga. Yaman adalah tempat yang sangat populer untuk pariwisata hingga tahun 2011 sebelum negara tersebut menghadapi kekacauan politik. Sekarang semuanya membaik. Pariwisata sedang naik perlahan lagi di bagian dunia itu. Sanaa, kota terpenting di negara ini memiliki beberapa hotel yang bagus untuk menginap bagi para pelancong.

Inilah 5 Atraksi Yaman Paling Menarik Bagi Pengunjung:

1. Kota Kuno Sanaa

embed
UNESCO telah mendeklarasikan empat tempat sebagai situs warisan dunia di Yaman. Kota kuno Sanaa adalah salah satunya. Kota berusia lebih dari seribu tahun yang memiliki kawasan pemukiman dan arsitektur yang menarik dengan pengaruh Islam. Yang paling terkenal adalah masjid Al Saleh yang sangat spektakuler. Selain arsitektur seperti masjid, Sanaa memiliki bangunan menakjubkan dengan beberapa lantai yang dirancang dengan pola geometris yang khas.

2. Jembatan Syarah

embed
Jika Anda menyukai keajaiban arsitektur maka Anda harus berkunjung ke Shaharah di barat laut Yaman untuk melihat keajaiban arsitektur kuno ini. Shaharah adalah sebuah desa yang terletak di wilayah pegunungan. Jembatan ini dibangun pada abad ke-17 di atas ngarai yang dalam. Itu adalah struktur batu kapur yang masih bertahan dan membuat kagum siapa pun yang melihatnya.

3. Pulau Socotra Dunia Lain

embed
Ini adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO di Yaman. Pulau ini terkenal di seluruh dunia karena planet asingnya seperti keindahan dan fiturnya. Ini memiliki medan terjal yang luar biasa penuh dengan bebatuan, laut hijau biru, pantai berpasir yang beberapa di antaranya memiliki bukit pasir yang sangat besar. Tapi perhatian khusus harus dilakukan pada Pohon Darah Naga yang dikenal sebagai Pohon Botol. Pohon-pohon yang menakjubkan ini memiliki batang yang tebal dan bagian atasnya lebih ramping daripada bagian bawahnya. Ketika sebuah pohon sudah dewasa dan memiliki daun dan cabangnya, itu pasti terlihat seperti sesuatu yang luar biasa. Pengunjung berduyun-duyun ke pulau ini di Yaman untuk melihat keajaiban dewasa ini.

4. Reruntuhan Marib

embed
Marib adalah salah satu tempat kuno di Yaman yang oleh para sejarawan dianggap sebagai Sheba kuno yang dijelaskan dalam Alkitab. Ada beberapa reruntuhan kuno di daerah itu yang dapat ditelusuri kembali ke beberapa tahun sebelum kelahiran Yesus Kristus. Reruntuhan yang paling terkenal adalah singgasana Balquis, dewa bulan dalam budaya Arab. Saat ini lima kolom besar vertikal melambangkan singgasana yang berasal dari abad ke-8 SM. Reruntuhan lainnya termasuk bendungan kuno yang juga berasal dari periode yang sama dengan singgasana Balquis dan kuil Marib. Marib terletak pada jarak 120 km dari Sanaa.

5. Kota Warisan Zabid

embed
Zabid adalah ibu kota kuno Yaman dari abad ke-13 hingga ke-15 Masehi. Kota ini terkenal dengan masjid agung yang dibangun pada abad ke-7 Masehi oleh seorang pengikut Nabi Islam. Untuk alasan ini Zabid telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia Yaman oleh UNESCO. Tetapi keadaan konservasi buruk di kota. Itu sebabnya Zabid ditempatkan di situs warisan dunia dalam daftar bahaya UNESCO. Masih seorang turis dapat mengunjungi tempat itu untuk warisannya.(traveltourxp)


(ACF)
TAGs: Travel