Ketika Panas dan Kekeringan Memukul Produksi Madu Irak

N Zaid - Tanaman 19/07/2023
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Panas yang menyengat melanda provinsi Babilonia di Irak tengah, di mana kekeringan dan peningkatan suhu memukul produksi lebah dan madu dengan keras.

Peternak lebah Mohamed Aliawi mengetahuinya dengan sangat baik saat dia memeriksa lusinan kotak sarang yang ditempatkan di kaki pohon palem yang tinggi di ladang desa Al-Reghila.

“Tidak ada air dan karena itu tidak ada tanaman (berbunga) untuk membuat lebah puas,” kata Aliawi, wakil direktur asosiasi peternak lokal, kepada AFP.

Bumi retak, dan menanam melon dan semangka terbukti sulit karena kekeringan berkepanjangan dan suhu Juli yang intens sering mencapai sekitar 50 derajat Celcius (122 Fahrenheit) - yang juga memakan korban lebah.

Seekor lebah perlu terus mencari serbuk sari dan nektar yang diperlukan untuk produksi madu. Ia bergerak konstan, biasanya menempuh jarak ratusan meter (yard) untuk menemukan karunianya, kata Aliawi.

Tapi kekeringan memaksa lebah untuk melakukan perjalanan lebih lama – hingga lima kilometer (tiga mil) – untuk penyerbukan.

“Ini berdampak pada umur lebah pekerja,” lebah betina yang mengumpulkan serbuk sari dan nektar, jelas Aliawi. “Dalam keadaan optimal, lebah pekerja dapat hidup hingga 60 hari, namun dalam situasi saat ini hanya hidup 20 hari,” tambahnya.

Selain itu, lebah tumbuh subur pada suhu sekitar 30-35 derajat Celcius, bukan panas yang membakar, ketika termometer naik menjadi 50, kata Aliawi, manajer produsen madu swasta.

Dia telah memindahkan lusinan kotak sarang lebah dari Irak tengah ke tujuh lokasi yang tersebar di pegunungan wilayah otonomi Kurdistan utara, di mana udaranya lebih sejuk dan tanahnya lebih hijau.

“Jika kita tidak memindahkan lebah, mereka akan menderita,” katanya.

Pada suatu hari yang panas di bulan Juli, Aliawi dan timnya mengenakan pelindung kepala sebelum memeriksa kotak sarang lebah dan sarang lebah di dalamnya.

Mereka mengepulkan asap di atas sarang dengan pengasap lebah, sebuah prosedur yang dikenal untuk menenangkan serangga.

Pada awal tahun 2000-an, setiap sarang lebah menghasilkan sekitar 20 hingga 25 kilogram (44-55 pon) madu per tahun, sedangkan sekarang jumlahnya turun menjadi hanya lima kilogram, kata Aliawi.

Menurut PBB, Irak adalah salah satu dari lima negara di dunia yang paling terkena dampak beberapa dampak perubahan iklim.

Pihak berwenang mengatakan Irak sedang mengalami tahun keempat berturut-turut kekeringan.

Negara itu dilanda musim panas yang terik, curah hujan yang menurun, dan badai pasir yang sering terjadi, sementara bendungan di hulu telah mengurangi aliran sungai Tigris dan Efrat yang melintasi Irak.

Terlepas dari kesengsaraan ini, kepala departemen apiaris di kementerian pertanian, Hashem Al-Zeheiri, tetap optimis.

Produksi madu “meningkat dari tahun ke tahun,” katanya.

Pada tahun 2022, madu yang diproduksi di beberapa bagian Irak yang dikendalikan oleh otoritas federal Baghdad mencapai 870 ton, sementara di Kurdistan diproduksi 850 ton – naik dari sekitar 700 ton di setiap wilayah tahun sebelumnya.

Zeheiri mengatakan dia telah menyiapkan studi tentang manfaat memindahkan sarang lebah dari Irak selatan dan tengah ke Kurdistan, dan sebaliknya "sesuai kebutuhan", untuk meningkatkan hasil panen.

Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan dalam laporan tahun 2020 bahwa "peternakan lebah telah ada di Irak... selama sekitar 8.000 tahun", dengan "resep yang menggunakan madu untuk tujuan pengobatan" tertulis di tablet Sumeria kuno.

Di zaman modern, peternakan lebah di Irak didominasi oleh laki-laki, tapi itu tidak menghentikan Zeinab Al-Maamuri. Dia mengembangkan minatnya setelah menemukan beternak lebah melalui mendiang suaminya, yang menjadikannya sebagai hobi.

Tiga dasawarsa kemudian dan sekarang di usia awal 50-an, Maamuri memiliki 250 sarang lebah di provinsi Babilonia, lusinan di antaranya dia pelihara di halaman rumah keluarganya.

Dia menyesali efek planet yang menghangat pada lebahnya.
"Kenaikan suhu mempengaruhi lebah...ratu berhenti bertelur" ketika terlalu panas, kata Maamuri.
Dan selama badai pasir yang sering melanda negara, "jika lebah keluar, setengahnya tidak akan kembali."


(ACF)
TAGs: Tanaman