6 Cara Merawat Tanaman Agar tak Mudah Layu pada Musim Hujan

Octri Amelia Suryani - Musim Hujan Tanaman 16/11/2021
6 Cara merawat tanaman di musim hujan agar tidak cepat layu (Foto: Pixabay)
6 Cara merawat tanaman di musim hujan agar tidak cepat layu (Foto: Pixabay)

Oase.id - Tanaman atau tumbuhan merupakan salah satu ciptaan Allah Swt. Untuk itu, kita tidak boleh asal dalam merawat tanaman, khususnya pada musim hujan. Memang, air hujan baik untuk pertumbuhan tanaman. Namun, tanaman bisa rusak apabila keseringan terpapar air hujan.

Untuk itulah, kenali cara merawat tanaman pada musim hujan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 cara merawat tanaman secara tepat pada musim hujan agar tak mudah layu.

1. Jangan biarkan air menggenangi tanaman

Air hujan yang berlebihan dapat menyebabkan kelembapan berlebihan pada tanah dan akar. Jadi, alangkah baiknya bila Anda mencegah genangan air terlalu lama pada tanaman.

Sebaiknya, setelah hujan langsung segera bersihkan air yang menggenangi tanaman. Tetap hati-hati agar tidak merusak bagian tanaman saat membersihkan air yang menggenang.

2. Lepaskan alas pot dan cek drainase

Untuk mencegah genangan air, kamu bisa melepaskan alas pot. Kemudian biarkan air berlebihan ini mengalir melalui lubang drainase. Yang perlu dicek juga adalah lubang drainase untuk memastikan lubang tidak tertutup kepadatan tanah.

Buang tanah dan potong semua akar berlebih yang keluar dari lubang. Setelah itu, dorong dengan alat lancip untuk membuat lubang terbuka kembali.

3. Kurangi frekuensi penyiraman

Pada musim hujan seperti ini, perlu mengurangi frekuensi penyiraman air pada tanaman agar tidak berlebihan.

Boleh dilakukan penyiraman apabila tanah benar-benar kering atau saat hujan sedang tidak turun sama sekali. Apabila tetap menyiram tanaman saat hujan turun, dampaknya bisa menyebabkan tanaman layu karena kelebihan air.

4. Kurangi pemberian pupuk

Pemberian pupuk pada musim hujan dapat merusak tanaman. Sebab ketika tanah sangat basah, maka tanaman berhenti mengonsumsi pupuk.

5. Pangkas daun

Untuk tanaman apa pun, pemangkasan daun perlu dilakukan secara teratur. Apalagi saat musim hujan, tanaman akan tumbuh dengan cepat. Beberapa di antaranya ada yang mati karena terserang penyakit. Apabila terjadi demikian, maka yang harus dilakukan dengan segera adalah menyingkirkannya agar tidak menulari bagian tanaman lain.

Disarankan juga untuk memotong beberapa bagian daun yang tidak teratur. Selain dapat mengurangi kelembapan tanaman, dengan memotong bagian daun dapat menjadikan tanaman tumbuh subur.

6. Waspadai hama dan penyakit

Harus berhati-hati dengan serangan hama pada musim penghujan. Periksalah secara berkala kondisi tanaman dari segala gangguan hama seperti ulat, belalang, dan serangga lainnya. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah timbulnya jamur yang menyerang akar atau batang tanaman.


(ACF)