Azdaha, Kisah Naga yang Erat Dengan Budaya Islam Bosnia

N Zaid - Kisah Inspiratif 04/01/2023
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Oase.id - Unik, dalam mitologi Slavia Muslim Bosnia adalah cerita tentang "Aždaha", ular seperti makhluk naga. Kata Aždaha berasal dari kata Turki/Persia ejdehâ.

Cerita tentang naga tersebar luas di Bosnia sebelum Islam juga mengakar di sana. Motif naga dan ular dapat ditemukan pada batu nisan Stećak Bosniak abad pertengahan dari era pra-Islam.

Tapi kisah Aždaha berbeda. Meski populer di kalangan penduduk non-muslim Bosnia dan tetangganya juga, sepanjang sejarah, legenda tersebut menjadi hal yang tak terpisahkan dalam identitas budaya Muslim Bosnia.

Selama berabad-abad, dari generasi ke generasi, cerita tentang Aždaha diceritakan, larut malam, di dekat perapian. Ksatria pemberani yang membunuh ular atau campur tangan ilahi yang menyelamatkan orang-orang beriman, membebaskan mereka dari cengkeraman naga.

Namun, legenda yang paling populer adalah yang terkait dengan desa Umoljani di Bosnia tengah.

Menurut legenda, dahulu kala, seekor ular purba telah terbangun jauh di dalam ngarai sungai terdekat. Saat ia merangkak keluar, bergerak perlahan menuju desa, menghancurkan semua yang dilewatinya, orang-orang berlarian, panik, dan ketakutan.

Mereka berkumpul di dataran tinggi di atas desa, bersama-sama berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan mereka dan membebaskan mereka dari tangan ular. Tuhan mendengar doa mereka dan campur tangan atas nama mereka, memukul ular itu dan mengubahnya menjadi batu, di tempatnya.

“Sungai dingin” di sana, menurut legenda, terbentuk dari jejak yang ditinggalkan ular yang merayap menuju desa. Menariknya, sebuah masjid di desa Umoljani, satu-satunya objek yang tidak rusak di seluruh wilayah gunung Bjelašnica dari perang sebelumnya.(slam4europeans.com)


(ACF)