Rayakan Idulfitri, Ini Doa Memakai Baju Baru

Siti Mahmudah - Idulfitri 01/05/2022
Ilustrasi: ArmyAmber _Pixabay
Ilustrasi: ArmyAmber _Pixabay

Oase.id - Idulfitri merupakan hari besar umat Islam yang ditunggu-tunggu, setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Terdapat kesunahan yang dianjurkan dalam menyambut perayaan kemenangan. Berhias dan mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki misalnya.

Kesunahan ini juga berlaku bagi yang memiliki kelapangan rezeki, yakni dengan memilih dan membeli baju baru yang disukai. Namun jangan lupa, ini doa yang dapat dibaca ketika mengenakan pakaian baru;

Doa mengenakan pakaian baru

Allaahumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khoiruhu wa khoiro maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a.

Artinya: “Ya Allah, hanya kepada-Mu lah segala puji. Engkaulah yang telah memberiku pakaian, aku mohon kepada-Mu kebaikannya (pakaian ini) dan kebaikan yang ada padanya dan aku berlindung dari keburukannya (pakaian ini) dan keburukan yang ada padanya.”

Doa ini, diambil dari hadits yang diceritakan Abu Said Al-Khudry,

“Apabila mengenakan pakaian baru, Rasulullah Muhammad ﷺ, menyebut namanya seperti gamis, serban, atau selendang, kemudian membaca doa; Allaahumma lakal hamdu anta kasautiniihi as-aluka khoiruhu wa khoiro maa shuni’a lahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a..’ (HR. At-Tirmidzi dan Nasa’i)

Demikian bacaan  doa yang dapat dibaca saat mengenakan pakaian baru. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua. Amiin.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi
 


(ACF)
TAGs: Idulfitri