Hati-hati! Ini 4 Ciri Makeup-mu sudah Kedaluarsa

Phooby Kamaratih - Mode 13/07/2020
Photo by  Ichigo121212 from Pixabay
Photo by Ichigo121212 from Pixabay

Oase.id- Perempuan selalu dikaitkan dengan berbagai jenis make-up. Jika kamu adalah pecinta make up, sudahkah kamu cek tanggal kedaluarsa produk yang kamu pilih sebelum membeli dan menggunakannya?

Masa kedaluarsa make up menjadi penting karena akan berdampak pada kesehatan kulit dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian wajah. Untuk menghindarinya, berikut adalah 4 ciri dan cara mengetahui masa kedaluarsa make up yang kami lansir dari Bustle.com;

Warna berubah

Jika make up sudah teroksidasi dan berubah menjadi warna yang berbeda, maka make up kamu sudah harus dibuang. Perubahan warna pada kosmetik merupakan tanda bahwa make up telah kedaluwarsa dan mengalami pertumbuhan bakteri.

Baca: Tips Merawat Kulit Wajah buat Kamu yang Baru Gede

 

Tekstur

Apabila tekstur produk kosmetik kamu sudah berubah seperti mengering atau menjadi berlendir, sudah bisa dipastikan make up tersebut telah menyimpan bakteri yang berpotensi menginfeksi kulit

Bau

Salah satu indikator terkuat yang menunjukkan make up-mu sudah rusak adalah bau.

Penata rias asal New York, Pati Dubroff menjelaskan, maskara memiliki bau seperti bensin namun tidak menyengat. Jika produk sudah tidak bagus, maka bau yang akan tercium adalah bau basi.

Menggumpal

Produk kosmetik cair tidak seharusnya menggumpal. Jika produk kecantikan kamu terlihat sudah menggumpal maka segeralah untuk membuangnya. Bisa jadi, gumpalan tersebut merupakan pertanda pertumbuhan bakteri pada kosmetik.


(SBH)
TAGs: Mode