10 fakta menarik tentang Ramadhan di Türkiye

N Zaid - Ramadan 13/03/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Ramadhan di Türkiye, seperti di banyak negara mayoritas Muslim lainnya, adalah waktu yang penting dan istimewa. Selama 30 hari, banyak yang akan memulai puasa siang hari dari matahari terbit hingga terbenam, yang merupakan puasa komunal terbesar di dunia. 

Ini adalah waktu suci bagi umat Islam, dan puasa juga dianggap sebagai semacam pembaruan spiritual. Baik Anda menjalankan puasa atau tidak, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui selama bulan suci ini dan terutama jika Anda kebetulan berada di Türkiye.

Meriam ditembakkan untuk berbuka puasa
Di beberapa tempat di Türkiye, meriam secara tradisional ditembakkan sebagai tanda dimulainya buka puasa, yaitu buka puasa yang dilakukan setelah matahari terbenam. Di Istanbul misalnya, meriam dapat ditembakkan di Sultanahmet dalam upacara tradisional. Kebisingan tersebut bisa sangat mengejutkan bagi mereka yang tidak mengetahui tradisi ini dan oleh karena itu berhati-hatilah karena Anda mungkin akan mendengar ledakan besar menjelang matahari terbenam.

Penabuh genderang Ramadhan
Di beberapa kota besar dan kecil di Turki, tradisinya mencakup kehadiran penabuh genderang Ramadhan. Para penabuh genderang ini, yang dikenal sebagai "sahur davulcuları", berkeliaran di jalan-jalan sebelum fajar, menabuh genderang untuk membangunkan orang-orang untuk sahur, waktu sahur. Hal ini juga bisa menjadi kejutan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan tradisi ini, terutama menjelang akhir puasa ketika mereka pergi dari rumah ke rumah untuk menerima tip atas layanan mereka, yang juga setara dengan kebiasaan.

Pide segar
Selama bulan suci Ramadhan, roti pipih khusus yang disebut “Ramazan pidesi” disiapkan oleh toko roti. Favorit bagi sebagian besar orang Turki, di sore hari, ketika pide bundar besar dan bengkak baru saja keluar dari oven, antrean dapat terbentuk di depan toko roti khusus untuk orang yang ingin membeli pide ini, yang merupakan item integral atau wajib di setiap meja yang diatur selama Ramadhan.

Hidangan spesial

Hidangan tradisional Turki menjadi pusat perhatian selama Ramadhan. Makanan pokok buka puasa khusus sering kali mencakup kurma, buah zaitun, sup, dan pide yang menemani hidangan berbahan dasar sayur atau daging yang direbus. Makanan penutup tradisional seperti baklava dan güllaç juga populer selama ini. Supermarket akan memiliki kotak Ramadhan yang menyediakan bahan-bahan utama atau bumbu untuk banyak hidangan ini.

Acara buka puasa bersama
Berbagai kota, organisasi, bisnis, dan bahkan individu menyelenggarakan acara buka puasa publik yang besar, di mana orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa. Acara-acara ini sering kali diadakan di lapangan umum atau taman, untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan.

Lampu Sultanahmet
Distrik Sultanahmet yang bersejarah di Istanbul dihiasi dengan lampu Ramadhan khusus selama bulan tersebut. Area di sekitar Masjid Biru dan Masjid Agung Hagia Sophia diterangi cahaya yang indah, menciptakan suasana meriah dan spiritual.

Perayaan malam
Di berbagai kota, khususnya Istanbul, malam-malam selama Ramadhan menjadi semarak dengan acara dan perayaan khusus. Ruang publik, masjid, dan pasar sering kali diterangi cahaya indah, dan mungkin ada acara budaya dan keagamaan sepanjang bulan. Banyak orang suka berjalan-jalan setelah berbuka puasa sehingga kawasan pejalan kaki akan lebih ramai dari biasanya dan beberapa toko dan pasar akan tetap buka setelahnya.

Wayang kulit
Boneka bayangan "Hacivat dan Karagöz" karya Türkiye dulunya dipentaskan di halaman istana dan ditampilkan di acara-acara yang diadakan selama Ramadhan di Kekaisaran Ottoman. Meskipun praktik ini telah sangat berkurang, pada bulan ini praktik tersebut dapat dihidupkan kembali seperti pada zaman Ottoman dalam acara khusus Ramadhan yang ditujukan untuk anak-anak.

Serial TV dan program khusus
Saluran televisi di Türkiye sering menyesuaikan program mereka selama bulan Ramadhan dengan memasukkan acara keagamaan, drama khusus, dan program budaya yang selaras dengan semangat bulan tersebut. Program-program ini menarik banyak pemirsa dan serial dramanya disebut sebagai "Ramazan Dizileri".

Perubahan transportasi
Ada aturan penting mengenai transportasi dan lalu lintas selama bulan Ramadhan, yaitu melakukan yang terbaik untuk menghindari pergi ke tempat yang dekat dengan waktu berbuka puasa. Di Istanbul, buka puasa dilakukan sekitar pukul 19.15, sedangkan di Ankara sekitar pukul 19.00. karena waktunya ditentukan oleh pergerakan bulan. Meskipun jam-jam menjelang buka puasa akan menjadi waktu yang sangat ramai untuk transportasi dan lalu lintas, namun begitu buka puasa dimulai, hal sebaliknya akan terjadi dan tiba-tiba jalanan akan menjadi sepi. Layanan transportasi umum meningkat selama bulan Ramadhan seperti metro Istanbul yang beroperasi hingga jam 1 pagi.

Perlu diingat bahwa pengemudi juga mungkin merasa gelisah menjelang jam buka puasa dan juga sepanjang hari karena tantangan dalam menjalankan puasa. Taksi khususnya mungkin tidak ingin membawa pelanggan mendekati waktu berbuka puasa karena mereka mungkin ingin bergabung dengan keluarga mereka untuk berbuka puasa. Kuncinya di sini adalah memiliki empati dan kasih sayang serta menyadari bahwa bagi sebagian besar orang di Türkiye, menjalankan kewajiban agama pada bulan ini akan menjadi prioritas utama mereka.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Ramadan