Arab Saudi, Qatar, Australia Konfirmasi Hari Pertama Idul Fitri 2024

N Zaid - Ramadan 08/04/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Komite Pengamatan Bulan dan masyarakat di seluruh negara Muslim mencoba melihat bulan Syawal pada Senin, 8 April 2024.

Penampakan hilal menentukan hari pertama Syawal yang menandai Idul Fitri.

Mengikuti sistem lunar dengan 12 bulan, kalender Islam menetapkan Ramadhan sebagai bulan kesembilan, yang berpuncak pada Idul Fitri untuk merayakan akhir Ramadhan.

Berikut daftar negara yang sudah mendeklarasikan hari pertama Syawal:

Arab Saudi
Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, akan dimulai pada Rabu, 10 April di kerajaan tersebut.

Menurut media Saudi, besok tanggal 9 April akan menjadi hari terakhir Ramadhan dan Rabu akan menjadi hari pertama Syawal yang menandai hari pertama Idul Fitri.

Qatar
Hari pertama Syawal dan Idul Fitri akan jatuh pada hari Rabu, 10 April di Qatar.

Australia
Australia secara resmi mengumumkan hari Rabu sebagai hari pertama Idul Fitri, menandai akhir Ramadhan dan awal bulan Syawal.

Berdasarkan penyelidikan ke observatorium lokal dan global, Dewan Fatwa Australia memastikan bahwa hilal akan lahir pada Selasa, 9 April 2024, pada waktu tertentu di Sydney dan Perth. Dengan demikian, Selasa, 9 April, menjadi hari terakhir Ramadhan, dan Idul Fitri jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Dewan Fatwa menyebutkan, penentuan tanggal Idul Fitri didasarkan pada perhitungan lahirnya bulan sebelum matahari terbenam, lamanya bulan terbenam setelah matahari terbenam, dan kemungkinan terlihatnya bulan. Metode ini sejalan dengan pendekatan yang diadopsi oleh dewan ulama global terkemuka.

Sambil mengakui dan menghormati beragam pendapat dalam komunitas Muslim, Dewan Imam Nasional Australia dan Dewan Fatwa Australia menekankan kesatuan dalam menjaga nilai-nilai dan kepentingan bersama.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?
Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin menerangkan bahwa sidang isbat lebaran 2024 akan dilakukan pada tanggal 9 April 2024. 

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadhan. Tahun ini, bertepatan dengan 9 April 2024," papar Kamaruddin Amin, dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu (6/4).(gulfnews)


(ACF)
TAGs: Ramadan