5 Keutamaan Mencari Ilmu dan Belajar 

Siti Mahmudah - Al-Quran Menuntut Ilmu 13/09/2022
Ilustrasi Belajar (Gambar oleh Syauqi Fillah dari Pixabay)
Ilustrasi Belajar (Gambar oleh Syauqi Fillah dari Pixabay)

Oase.id – Allah Swt akan mengangkat derajat orang yang berilmu dan mau belajar. Karena dengan ilmulah manusia sampai kepada Allah swt dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat. Ilmu adalah pemimpin dan amal adalah pengikutnya.

Sebagaimana tertuang dalam Al-Quran surah Al-Ankabut ayat 49, bahwasanya Al-Quran merupakan tanda-tanda kejelasan terhadap orang-orang yang berilmu dan menunjukkan bahwa ilmu memiliki keutamaan yang besar.

Allah berfirman:

“Sebenarnya, ia (Al-Qur’an) adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu. Tidaklah mengingkari ayat-ayat kami, kecuali orang-orang zalim.” (QS. Al-Ankabut: 49)

Berikut Oase.id merangkum beberapa keutamaan mencari ilmu dan belajar:

1. Mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat

Orang yang mendapatkan ilmu adalah orang yang bahagia, sedangkan orang yang tidak mendapatkannya adalah orang yang sengsara. 

Imbuh perkataan Imam Syafi’i, “Barangsiapa yang ingin sukses di dunia maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang ingin sukses di akhirat maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa yang ingin sukses keduanya (dunia dan akhirat) maka hendaklah dengan ilmu (pula).”

2. Derajatnya ditinggikan

Banyak dalil atas keutamaan mencari ilmu, diantaranya dalam firman Allah surah Al-Mujadilah ayat 11. 

Artinya: “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah:11).

3. Selalu merasa cukup

Mengambil hadis Nabi ﷺ, bahwa ia bersabda:

“Manusia yang paling utama adalah orang mukmin yang berilmu. Ketika dibutuhkan ia memberi manfaat dan ketika tidak dibutuhkan, maka ia pun mencukupi dirinya.”

4. Memiliki keunggulan di atas orang beriman

Dalam hadis lain pun menjelaskan tentang keutamaan mencari ilmu.  

Rasul ﷺ bersabda: “Kepergianmu untuk belajar satu bab ilmu lebih baik daripada salatmu sebanyak 100 rakaat.”

Ibnu Abbas RA berkata, bahwa orang yang berilmu memiliki keunggulan 700 derajat diatas orang yang beriman, yang mana jarak antara dua derajat adalah perjalanan 500 tahun.

5. Mencari ilmu hukumnya wajib

Penjelasan dalil-dalil diatas baik dari firman allah maupun dari hadis nabi sangat jelas begitu pentingnya mencari ilmu bahkan hukumnya adalah wajib bagi muslim laki-laki maupun perempuan.

Dengan ilmu, Allah ditaati, disembah dan diesakan. Dengan ilmu, manusia berhati-hati dalam mengamalkan agama dan memeilihara hubungan kekerabatan. 

Sebab, ilmu menghidupkan hati dari kebutaan, menerangi pandangan dari kegelapan serta menguatkan tubuh yang lemah. Dengan ilmu, manusia mencapai kedudukan orang-orang yang saleh serta derajat yang tinggi. Memikirkan ilmu sama dengan puasa dan mengkaji ilmu sama dengan salat malam. 

Barangsiapa kehilangan ilmu, maka hatinya sakit dan pasti mati dengan tidak disadarinya, karena kesibukan-kesibukan dunia melumpuhkan  perasaanya. Apabila kematian mengungkapkan kesibukan-kesibukan itu darinya, maka ia pun merasakan kepedihan yang sangat dan mengalami penyesalan yang tak berakhir. 

Untuk itu, sebagai seorang muslim hendaknya kita tidak pernah bosan dan berhenti untuk terus mau belajar dan mencari ilmu sampai akhir hayat nanti. 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Ihya U’lumuddin karya Imam Ghazali


(ACF)