New York: Umat Islam Menandai Malam Pertama Ramadhan dengan Doa di Times Square

N Zaid - Ramadan 11/03/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Ketika bulan suci Ramadhan dimulai, pertemuan umat Muslim yang penuh semangat mengubah Times Square di New York menjadi ruang persatuan dan ketaatan.

Lusinan umat Islam berkumpul pada Minggu malam untuk melaksanakan salat Tarawih, yang merupakan bagian integral dari ibadah malam Ramadhan.

Salman al-Hanafy, seorang operator forklift berusia 20 tahun dari Kairo, berbagi pengalamannya: “Senang rasanya datang ke sini sebagai umat Islam. Saya melihat Muslim dari mana-mana -- Saya terkejut, ini pertama kalinya saya ke sini. Saya ingin datang dan melihat komunitas tersebut,” lapor AFP.

Acara ini juga berfungsi sebagai jembatan budaya, di mana para relawan mendistribusikan Al-Quran kepada umat Muslim dan non-Muslim.

Ahmad Yasar, mahasiswa IT berusia 20 tahun, termasuk di antara mereka yang membagikan kitab suci tersebut. “Banyak orang yang tertarik dengan Al-Quran, kita hampir kehabisan Al-Quran yang berbahasa Prancis. Ini menjelaskan pentingnya puasa di bulan Ramadhan,” ujarnya.

Meski cuaca dingin dan berangin, umat beriman tetap tidak terpengaruh, doa mereka diiringi nyanyian Nasheed dan anak-anak membacakan ayat-ayat Alquran.

Pertemuan tersebut bukan hanya sekedar acara spiritual tetapi juga demonstrasi solidaritas, dengan bendera Palestina hadir sebagai bentuk dukungan terhadap mereka yang tertindas di Jalur Gaza.

Pihak penyelenggara menemukan cara inovatif untuk meningkatkan pengalaman berdoa, memproyeksikan doa ke atas kertas putih, menjadikan kata-kata suci sebagai bagian dari lanskap kota.

Doa berjamaah ini adalah cara yang ampuh untuk “meningkatkan kesadaran dan menunjukkan kepada orang-orang apa yang terjadi di seluruh dunia,” tambah Yasar.


(ACF)
TAGs: Ramadan