Satu Jemaah Haji Indonesia Asal Demak Meninggal Dunia di Madinah

Achmad Firdaus - Haji 2023 25/05/2023
Zaenal Mutaqin Kepala Daker Madinah dalam penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023. (Dok. Kemenag)
Zaenal Mutaqin Kepala Daker Madinah dalam penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023. (Dok. Kemenag)

Oase.id - Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kabar duka datang dari Madinah di mana salah satu jemaah haji Indonesia asal Demak meninggal dunia dalam penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023.

Jemaah tersebut bernama Suprapto Tarlim Kertowijoyo, asal Demak, Jawa Tengah. Almarhum tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) Tiga Embarkasi Solo (SOC 03). Suprapto meninggal setelah mengalami serangan jantung di Hotel Abraj Taba, Madinah, Kamis (25/5) pukul 04.00 waktu Arab Saudi.

Berdasarkan data SISKOHAT dan Certificate of Death (COD) yang dirilis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Suprapto beralamat di Kali sari RT 06/04 Kec Sayung Kab Demak Jawa Tengah. Dia berusia 52 tahun.

Almarhum tiba di Madinah pada 24 Mei 2023, jam 20.40 waktu Arab Saudi (WAS). Almarhum sempat mendapatkan penanganan dan upaya pertolongan oleh tim emergency saat di pemondokan.

“Semoga jemaah yang meninggal diampuni segala kesalahannya, juga menjadi pengingat kepada kita, untuk selalu menjaga dan memperhatikan kesehatan,” ujar Kadaker Madinah Zaenal Muttaqin seperti dilansir dari laman Kemenag.

Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan

Zaenal, panggilan akrabnya, mengimbau agar jemaah tetap menjaga kesehatan dan menghindari berbagai hal yang menyebabkan kendala dalam kesehatan. "Jangan sampai kelelahan, atau ada masalah kaki melepuh karena tidak mengenakan sandal, serta permasalahan terkait Kesehatan lainnya," pesannya.

Terkait pemulasaran jenazah, Daker Madinah telah mengirim surat ke Muassasah Adilla, meminta agar almarhum dikuburkan di Pemakaman Baqi.


(ACF)
TAGs: Haji 2023