Masjidil Haram Makkah Siap Menerima Jemaah di Asyura

N Zaid - Haji 2023 27/07/2023
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Masjidil Haram di Makkah siap menerima peziarah, jemaah, dan mereka yang berpuasa Asyura, kata Presidensi Umum Dua Masjid Suci, Kamis.

Ashoura diamati pada tanggal 10 Muharram, bulan pertama kalender Islam, dan tahun ini hari penting secara historis akan jatuh pada hari Jumat 28 Juli.

Bagi Muslim Sunni, itu adalah hari suci dan mereka percaya bahwa puasa Asyura adalah tindakan yang baik.

Kurma, air zamzam, dan makanan ringan kering akan dibagikan sebelum matahari terbenam bagi pengunjung masjid untuk berbuka puasa, kata juru bicara kepresidenan Maher bin Mansi Al-Zahrani.

Al-Zahrani menambahkan, teknologi modern dan metode kecerdasan buatan digunakan untuk mendukung proses sterilisasi dan disinfeksi di masjid.

Ini termasuk penggunaan 11 robot sterilisasi pintar, 20 perangkat untuk mensterilkan udara dan permukaan secara bersamaan, 20 perangkat yang mensterilkan area yang sulit dijangkau seperti langit-langit dan pilar, serta 600 perangkat sanitasi tangan otomatis. Beberapa tim juga bekerja untuk mensterilkan seluruh area masjid, halaman, dan toilet dengan lebih dari 70.000 liter disinfektan.

Selain itu, 200 pengawas Saudi memantau pekerjaan 4.000 pegawai laki-laki dan perempuan yang membersihkan masjid 10 kali sehari, menyiapkan 7.000 botol Zamzam untuk didistribusikan, dan melengkapi seluruh area masjid dengan 4.500 wadah Zamzam yang menampung 500.000 liter air. air suci.


(ACF)
TAGs: Haji 2023