Bimtek Digelar, Percepat Penerbitan Al-Quran dengan Terjemahan Bahasa Gayo

N Zaid - Alquran 18/05/2023
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Oase.id - Kementerian Agama sedang menggodok penerbitan Al-Quran dengan terjemahan bahasa Gayo. Panitia penerjemah Al-Qur'an Bahasa Gayo pun mengirim tim nya ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kementerian Agama.

Mereka dikirim untuk mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) pelatihan terkait Aplikasi Al-Qur'an Kemenag.

"Untuk memaksimalkan proses memasukkan ayat-ayat, kita melakukan bimtek aplikasi Al-Qur'an Kementerian Agama. Kami bawa tim aplikasi dari IAIN Takengon yang khusus bertugas untuk kegiatan ini," jelas Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon Zulkarnain dalam rilis Kemenag, Kamis (18/5).

Hal itu disampaikan Zulkarnain saat mendampingi timnya mengikuti Bimtek di Bayt Al-Qur'an LPMQ Kemenag, di Jakarta, Rabu (17/5).

Bimtek berlangsung dua hari, 16 - 17 Mei 2023. Hadir mengikuti bimtek, Hamka dan Kukuh dari Tim IT Penerjemah Al-Qur'an Bahasa Gayo. Mereka mandapat arahan dari Kepala LPMQ Abdul Aziz Sidqi dan dilatih oleh Tim IT LPMQ, antara lain Agus Nurul dan Salim Rusdi Cahyono. Hadir juga Bagus Purnomo, Pranata Humas Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran.

Menurutnya, bimtek aplikasi ini sangat membantu percepatan proses penyelesaian terjemahan. Selain proses memasukkan ayat Al-Qur'an, secara simultan, tim juga tengah mempersiapkan pembahasan internal atas hasil kerja tim validasi terjemahan Al-Qur'an Bahasa Gayo. Pembahasan ini akan dikemas dalam focus group discussion (FGD) terkait hasil validasi terjemahan. 

"Ini rencananya dilaksanakan pada 24 sampai 26 Mei 2023 di Takengon," terang Zulkarnain.

FGD ini, kata Zulkarnain, akan dimonitor dan dievaluasi oleh tim dari Pusat Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi. Akan diundang juga pakar Bahasa Gayo.

"Hasil validasi terjemah dan memasukkan ayat-ayat Al-Qur'an ini nantinya akan segera diserahkan kembali kepada Kementerian Agama, untuk proses tashih serta cetak," sebutnya.

"Semoga semua tahapan bisa segera selesai dan Terjemah Al-Qur'an Bahasa Gayo bisa terbit tahun ini," tandasnya.


(ACF)
TAGs: Alquran