Sekelumit tentang Imam Malik - Seorang Sarjana Besar Hadis

N Zaid - Imam 26/01/2023
Ilustrasi. Foto Unsplash
Ilustrasi. Foto Unsplash

Oase.id - Imam Malik adalah salah satu ulama fikih yang paling dihormati juga dikenal sebagai Imam Darul Hijrah. Kakek buyutnya Abi Aamer, yang berasal dari Yaman, memeluk Islam pada tahun 2 H dan hijrah ke Madinah. Dia berpartisipasi dalam semua pertempuran bersama Nabiﷺ kecuali Perang Badar. 

Imam Malik lahir di dekat Madinah pada tahun 93 H. Dia menerima pendidikannya di Madinah dan menghubungi sekitar 900 ulama untuk mengumpulkan Hadits. Dia memperoleh sejumlah besar pengetahuan dari para murid para sahabat Nabi ﷺ.

Ia menguasai ilmu Hadits pada usia 17 tahun dan mulai mengeluarkan fatwa setelah 70 ulama menegaskan kelayakannya untuk tujuan tersebut. Dia mengumpulkan lebih dari 100.000 Hadits yang ditulis oleh tangannya.

Imam Abu Hanifah bertemu dengan Imam Malik dan mengakui keilmuannya. Imam Syafii adalah murid Imam Malik.

Ditulis oleh Abu Tariq Hijazi, seorang sarjana dan penulis beberapa buku di laman arabnews, Imam Malik adalah orang pertama yang menyusun kitab hadis shahih bernama “Al-Muwatta.” Isinya 1.720 Hadits. Buku itu disetujui oleh 70 ulama dan dengan demikian disebut Muwatta (Yang disetujui). Banyak komentar telah ditulis di buku itu. 

Imam Shafie, yang merupakan salah satu murid Malik selama sembilan tahun, berkata: “Imam Malik seperti bintang di kalangan ulama.” Imam Malik menghafal Al-Qur'an di masa mudanya dan belajar di bawah ulama terkenal seperti Hisham ibn Urwah, Ibn Shihab Al-Zuhri dan Imam Jafar Al Sadiq, keturunan Nabi Suci ﷺ.

Dia melayani dan melindungi ilmu Hadits selama lebih dari 70 tahun di Madinah dan meninggal pada usia 87 tahun. Dia begitu terikat dengan kota Nabi Suci sehingga dia melakukan haji hanya sekali dan tidak pernah pergi ke luar kota. Ilmu fikihnya kemudian berkembang menjadi Mazhab Maliki, yang dipromosikan di Maroko, Aljazair dan Spanyol.

Imam Malik menyusun Al-Muwatta dalam kurun waktu 40 tahun, dimulai dengan 10.000 riwayat hingga ia menguranginya menjadi jumlah saat ini. Imam Bukhari mengatakan bahwa rantai transmisi Hadits yang paling otentik disebut Silsalat Al Zahabi (rantai emas), yang hanya memiliki tiga mata rantai - "Malik dari Nafi dari Ibnu Umar dan kemudian dari Nabi ﷺ."

Ada 80 narasi dengan rantai ini dalam buku ini. Imam Syafi'i menganggap Al-Muwatta sebagai kitab paling otentik di dunia setelah Al-Qur'an.

Imam Malik sangat kuat dalam membela Syariah dan tidak peduli dengan kesukaan kelas penguasa.

Gubernur Madinah selama Kekhalifahan Abbasiyah menangkap dan mencambuknya di depan umum karena mengeluarkan Fatwa melawan Khalifah Mansur yang berkuasa. Ketika khalifah mengetahui hal itu, dia memecat gubernur dan meminta maaf kepada Imam Malik. Dia juga mengirim 3.000 dinar dan mengundang Imam Malik untuk tinggal di Baghdad tetapi dia menolak tawaran tersebut dengan mengatakan bahwa dia lebih suka tinggal di kota Nabi Suci ﷺ.

Imam Malik juga mengeluarkan Fatwa bertentangan dengan kehendak Khalifah Haroon Rashid yang dihukum berat. Namun suatu ketika, ketika khalifah datang ke Madinah dia memintanya untuk mengajarkan Hadits kepada para pembesarnya. Namun Imam menjawab bahwa kekayaan ilmu tidak sampai ke pintu orang lain.
Harun al-Rashid cukup bijak, dia datang bersama para pangerannya ke majelis Imam Malik dan menghadiri ceramahnya seperti yang lainnya.

Harun Rashid telah menyarankan agar kitab Imam Malik, Al-Muwatta, harus diletakkan di Ka'bah Suci dan semua Muslim diminta untuk mengikutinya dalam semua masalah fikih. Tapi Imam Malik menolak, dengan mengatakan "Tahan diri dari ini karena para sahabat Nabi ﷺ sendiri memiliki pandangan yang berlawanan tentang masalah tambahan."

Fatima putri Imam Malik telah hafal Al-Muwatta.
Imam Malik jatuh sakit dan meninggal pada tanggal 14 Rabiul Awwal 179 H. Emir Madinah Abdul Aziz Ibn Muhammad Ibn Ibrahim memimpin doa pemakamannya. Ia dimakamkan di Jannatul Baqee.
Diriwayatkan bahwa Nabi ﷺ bersabda: “Segera orang-orang akan mengalahkan sisi-sisi unta untuk mencari ilmu, dan mereka tidak akan menemukan seorang pun yang lebih berpengetahuan daripada ulama Madinah yang berpengetahuan” (Sunan Al-Tirmidzi). Ulama berpendapat bahwa ulama yang dimaksud adalah Malik bin Anas. (Semoga kedamaian dan berkah Allah atas mereka semua).(arabnews)


(ACF)
TAGs: Imam