Bacaan Dzikir yang Paling Dicintai Allah SWT

Phooby Kamaratih - Nabi Muhammad Saw Dzikir Doa Sehari-hari 09/09/2021
 Photo by Michael Burrows from Pexels
Photo by Michael Burrows from Pexels

Oase.id - Salah satu amalan yang dicintai Allah SWT adalah berdzikir. Dzikir merupakan perkara yang paling mudah dan menjadi bentuk cinta umat kepada sang Pencipta.

Seperti dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah : 152,

فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

Selain itu, berdzikir kepada Allah akan mendatangkan kemudahan dan ketentraman dalam hidup. Allah berfirman; (QS. Ar-Ra’d : 28)

اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوۡبُهُمۡ بِذِكۡرِ اللّٰهِ‌ ؕ اَلَا بِذِكۡرِ اللّٰهِ تَطۡمَٮِٕنُّ الۡقُلُوۡبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Berdasarkan hadis dari Samurah bin Jundub yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

“Dari Samurah bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: 1.Subhanallah, 2.Alhamdulillah, 3.Laa ilaaha illallah, dan 4.Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai." (HR. Muslim)

Empat kalimat baik itu mampu mendatangkan banyak manfaat kepada orang orang yang membaca dzikir setiap waktu hingga mampu menghapuskan dosa. Selain empat kalimat di atas, ada dzikir lain yang dicintai Allah SWT.

Masih dalam riwayat yang sama, “Rasulullah bersabda: ‘Kalimat yang paling dicintai oleh Allah itu ada empat, tidak akan mendatangkan mudharat dari mana pun kamu akan memulainya. Yaitu "Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illalla wallahu akbar’.”

Selanjutnya, dzikir yang dicintai Allah SWT adalah "Subhanallah wabihamdihi". Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku,

ألاَ أُخْبِرُكَ بِأَحَبِّ الكَلاَمِ إِلَى اللهِ ؟ إنَّ أَحَبَّ الكَلاَمِ إِلَى اللهِ : سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

“Maukah aku beritahukan kepadamu perkataan yang paling dicintai oleh Allah? Sesungguhnya perkataan yang paling dicintai oleh Allah adalah, ‘SUBHANALLAH WA BIHAMDIHI’ (Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya).” (HR. Muslim, no. 2731)


(ACF)