Apa Rahasia Lantai Makkah Tetap Dingin Walau Dihujam Terik Matahari?

N Zaid - Makkah 10/02/2023
Ilustrasi. Foto ist
Ilustrasi. Foto ist

Oase.id - Bagi siapa saja yang pernah menunaikan ibadah umrah atau haji, mungkin akan merasakan kesejukan di bawah kaki ketika menginjakkan kaki di lantai marmer Masjidil Haram dan mengitari Kabah Suci di Mekkah.

Banyak yang memperdebatkan alasan di balik rasa dingin, mengingat suhu musim panas yang membakar di Saudi.

Kantor Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci mengatakan kepada Al Arabiya bahwa alasan utama di balik jenis marmer yang digunakan.

Arab Saudi mengimpor lantai marmer langka Thassos dari Yunani yang memantulkan sinar matahari dan pada gilirannya panas di siang hari.

BACA: Kemenag Terbitkan RPH: Gelombang Pertama Masuk Asrama Haji 23 Mei

Pihak berwenang menepis klaim bahwa alasan sebenarnya di balik kesejukan itu adalah serangkaian pipa air dingin yang diletakkan di bawah lantai marmer.

Marmer Thassos adalah jenis marmer yang unik. Karakternya yang memantulkan sinar matahari membuat lantai menjadi lebih sejuk sekaligus memudahkan para jamaah haji.

Ini memang hal yang luar biasa untuk diketahui oleh orang-orang yang pernah mengunjungi masjid agung tetapi tidak pernah tahu alasan mengapa lantainya selalu dingin. Ini memang informasi yang layak dibagikan kepada semua Muslim di luar sana.(alarabiya)


(ACF)
TAGs: Makkah