UTBK-SBMPTN Dilaksanakan Dua Gelombang

Medcom.id - Pendidikan 23/06/2020
Photo by Medcom.id
Photo by Medcom.id

Oase.id- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) memutuskan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 digelar dua gelombang. Peserta UTBK gelombang kedua hanya berdasarkan domisilinya.

"Akan ada alternatif atau gelombang kedua. Itu tanggal 20 sampai 29 Juli 2020, tempatnya bisa di SMA atau SMK di masing-masing daerah," kataKetua MRPTNI, Jamal Wiwoho, dilansir dari Medcom.id, Selasa, 23 Juni 2020.

 

Menurut Jamal, skema ini disiapkan untuk mengatasi masalah migrasi peserta UTBK-SBMPTN 2020. Solusi ini disediakan agar seluruh peserta bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2020.

"Ini memang cara kita sangat mencegah adanya pergerakan peserta dari satu tempat ke tempat lain. Karena harus ketat dalam protokol kesehatan," ujar Jamal.

Tahun ini, pusat UTBK tak melayani peserta dari luar provinsi. Bagi yang sudah telanjur mendaftar di luar domisili, akan digeser mengikuti gelombang keduadan diarahkan mengikuti UTBK di daerahnya.

"Misal Anda ada di Sumbawa, Anda tidak perlu datang ke Solo saat memilih Pusat UTBK di Solo. Nanti Anda ikut saja yang di Sumbawa ada," jelas Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) itu.

Peserta nantinya akan diarahkan menuju SMA atau SMK pelaksanaan UTBK-SBMPTN gelombang kedua ini. Jamal memastikan, SMA atau SMK penyelenggara itu merupakan yang terdekat dari domisili peserta.

"SMA atau SMK penyelenggaran nanti akan dikoordinasikan oleh kepala dinas dan direktur SMA atau SMK Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)," ujarnya.


(FER)
TAGs: Pendidikan
Fera Rahmatun Nazilah
Posted by Fera Rahmatun Nazilah