4 Manfaat Mengolah Kunyit untuk Kecantikan Selama di Rumah Aja

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 01/03/2021
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Oase.id – Kunyit merupakan bumbu dapur yang akan memberikan warna khas (kuning) pada makanan dan sering digunakan untuk membuat makanan seperti gulai, soto dan lain-lain. Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur pada masakan, ternyata kunyit juga memiliki fungsi sebagai bahan kecantikan alami yang efektif.

Dilansir dari healthline.com, mengonsumsi kunyit secara teratur akan dapat mengatasi masalah kulit, memperbaiki kulit yang tidak merata, bahkan dapat mencegah rambut rontok.

Berikut 4 manfaat dan cara mengolah kunyit;

1. Mengurangi bekas luka

Bekas luka memang sangat mengganggu penampilan dan akan mengurangi rasa percaya diri. Ahli dermatologi dari University of Nevada Debra Sullivan, PhD menjelaskan bahwa Kunyit dapat mengurangi bekas luka karena memiliki anti-inflamasi dan antiseptik yang bekerja pada pori-pori kulit dan akan membuat kulit bercahaya.

Cara mengolah kunyit. Campurkan sejumput kunyit dengan 1 sendok teh besan atau 1 gram tepung. Oleskan pada daerah yang terkena luka dan biarkan hingga mengering selama setidaknya 25 menit. Cuci dengan air hangat.

2. Mencegah penuaan kulit

Kunyit mengandung pigmen curcuminoid yang membantu tubuh dalam mensintesis antioksidan. “Antioksidan yang dihasilkan akan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat tanda penuaan kulit khususnya pada wajah,” kata Debra.  

Jurnal Life Sciences menganjurkan bahwa kandung curcumin pada kunyit dapat mengoptimalkan perbaikan pada luka kulit.

Cara mengolah kunyit untuk mencegah penuaan kulit seperti berikut; Campurkan minyak kelapa dengan bubuk kunyit dan oleskan pada bagian yang diinginkan, lalu bersihkan setelah 15 menit.

3. Menenangkan luka bakar

Selain antioksidan, kunyit juga memiliki efek menenangkan kulit yang terbakar dengan cara campur sejumput kunyit dengan susu atau dadih dan kemudian oleskan pada daerah yang sakit. Ulangi ini beberapa kali dalam sehari selama setidaknya satu hingga dua minggu sampai tanda terbakar mulai memudar.

“Kunyit dapat secara positif mempengaruhi jaringan dan kolagen pada kulit,” ujar Debra.

4. Menghilangkan jerawat

Menggunakan kunyit sebagai masker wajah akan membantu mengurangi jerawat dan bekas luka. Kandungan anti-inflamasi yang sangat baik dapat membuat pori-pori bekerja lebih baik untuk membersihkan kotoran pada wajah. Untuk membuat masker kunyit, kamu tinggal memarut kunyit lalu kemudian ditempelkan pada wajah selama kurang lebih 5-8 menit.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus