Kurma Ajwa, Si Kecil dengan Manfaat Luar Biasa

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 22/02/2021
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay

Oase.id – Kurma Ajwa biasa juga disebut Kurma Nabi, karena kurma yang satu ini merupakan yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Meski buahnya kecil, namun Kurma Ajwa yang berasal dari Madinah memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

Kurma Ajwa memiliki semua vitamin esensial, magnesium, kalium, 15 jenis garam dan mineral, 14 jenis asam lemak, dan 23 jenis asam amino dan juga serat yang tinggi.

Berikut, kami rangkum 5 manfaat buah Kurma Ajwa bagi kesehatan:

1. Penyakit Jantung
Kurma Ajwa dipercaya sebagai obat terbaik untuk penyakit terkait dengan jantung. Kurma Ajwa memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem sirkulasi darah pada jantung.

Kurma Ajwa juga dapat mempertahankan irama jantung, menghilangkan penyumbatan pada pembuluh darah dan menyembuhkan tekanan darah tinggi

Kurma Ajwa bisa dikonsumsi secara langsung, atau dicampurkan dengan berbagai bahan. Berikut, resep Kurma Ajwa yang bisa dicoba di rumah;

Campurkan 250 ml susu dengan oat, lalu tambahkan 4 sdt bubuk kayu manis dan 7 kurma ajwa. Masak selama 5 menit.

2. Diabetes
Mengonsumsi Kurma Ajwa bagi penderita diabetes akan memberikan kekuatan dan energi, juga dapat mencegah tubuh mengalami komplikasi akibat diabetes.

Cara mengonsumsi Kurma Ajwa untuk para penderita diabetes ini harus konsisten dengan mengonsumsi 3 buah di pagi hari dan 4 buah di malam hari.

3. Kekebalan tubuh
Kurma Ajwa memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kekebalan tubuh pada situasi wabah korona saat ini. Mengonsumsi Kurma Ajwa secara teratur akan membantu tubuh memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan selenium dalam Kurma Ajwa dapat mencegah penyakit kanker.

4. Mengatasi Depresi
Kurma Ajwa dipercaya bermanfaat untuk mengatasi kecemasan dan depresi. Cara mengonsumsinya seperti berikut: Campurkan 250 ml susu dengan 5 buah kapulaga dan 7 buah Kurma Ajwa, kemudian masak dengan api kecil selama 5 menit. Minumlah secara rutin sebelum tidur selama 3 bulan.  

5. Masalah Usus
Masalah pada usus seperti sembelit, infeksi bakteri dan lain sebagainya bisa diringankan dengan mengonsumsi Kurma Ajwa. Kurma Ajwa juga bermanfaat untuk mengobati penyakit pada lambung seperti maag, asam lambung, juga efektif dalam mencegah kanker perut.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus