5 Cara Agar Tetap Semangat Bangun Sahur di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Phooby Kamaratih - Ramadhan 2021 04/05/2021
Photo by Monstera from Pexels
Photo by Monstera from Pexels

Oase.id – Saat ini Ramadhan sudah memasukkan 10 hari terakhir, dimana beberapa orang mungkin sudah akan melewatkan makan sahur. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang sulit bangun sahur mulai dari susah melawan rasa kantuk hingga mulai malas menyiapkan menu santap sahur.

Pada malam-malam terakhir Ramadhan tentunya disarankan untuk memperbanyak ibadah pada malam hari, namun tidak dianjurkan untuk melewatkan sahur karena pada waktu ini banyak keberkahan yang dapat diperoleh, salah satunya merupakan waktu diturunkannya keberkahan. Agar tetap semangat melaksanakan sahur Oase.id merekomendasi beberapa cara bisa Anda lakukan, berikut tipsnya!

1. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal akan membuat tubuh bangun lebih awal juga. Membiasakan diri untuk tidur sesuai waktu yang telah ditentukan akan memudahkan tubuh untuk bangun saat sahur tanpa rasa kantuk. Hal ini dikarenakan tubuh telah cukup beristirahat sehingga Anda dapat bangun sesuai waktu yang telah ditentukan.

2. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

Minuman berkafein sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berpuasa Ramadhan karena akan menimbulkan efek negatif pada tubuh. Salah satunya akan membuat kehilangan rasa kantuk dan jika kantuk itu datang akan berpotensi membuat tidur tidak nyenyak. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa malas untuk bangun sahur karena masih merasa ngantuk.

3. Siapkan menu terbaik

Sebelum tidur, siapkan menu terbaik yang akan disantap saat sahur bersama keluarga. Ini akan membuat Anda merasa bersemangat untuk makan sahur karena hidangannya adalah menu kesukaan atau menu terbaik dan sayang untuk dilewatkan.

4. Hindari makan berlebih saat berbuka

Saat berbuka puasa sebaiknya tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Selain hal itu tidak baik untuk kesehatan tubuh, ini juga akan membuat tubuh merasa kekenyangan dan meninggalkan santap sahur. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan minum banyak air putih.

5. Berolahraga

Olahraga akan meningkatkan kualitas tidur selama berpuasa. Banyak jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan selama berpuasa, salah satunya berjalan kaki. Berjalan kaki setelah berbuka puasa secara rutin dapat membuat seseorang tidur lebih cepat, hal ini tentu berguna agar saat sahur tubuh akan merasa bersemangat dan tidak merasa mengantuk.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus