Hal-Hal yang Dapat Mendatangkan Rezeki

Siti Mahmudah - Rezeki 16/03/2021
Photo by Julia M Cameron from Pexels
Photo by Julia M Cameron from Pexels

Oase.id - Sedikit atau banyaknya rezeki yang diberikan Allah wajib kita syukuri. Rezeki tidak melulu berupa materi. Hal-hal sederhana seperti oksigen yang kita hirup setiap hari secara gratis pun termasuk rezeki.

Sebagaimana perintah bersyukur terhadap rezeki yang dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 157. Allah SWT berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 157).

Rasulullah ﷺ bersabda: “Memohonlah kalian akan turunnya rezeki dengan bersedekah.”

Membiasakan bangun di waktu pagi juga dapat menambah rezeki dan akan diberkahi. Pun berbicara yang baik bisa mendatangkan rezeki.

Diriwayatkan oleh Hasan bin Alira, bahwa menyapu halaman dan mencuci pakaian bisa mendatangkan rezeki. Dan sebab paling kuat untuk mendatangkan rezeki adalah salat dengan khusyu’ dan memenuhi rukun-rukunnya, syarat-syaratnya. Selain itu, melaksanakan salat dhuha juga dapat mendatangkan rezeki. 

Membaca surah Waqiah pada waktu malam, surah Al-Mulk, surah Muzammil, surah Wallaili idza Yagsyha, surah Alam Nasyrah juga dapat mempermudah datangnya rezeki. Datang ke masjid sebelum azan, terus menerima dalam keadaan suci, melakukan salat sunah fajar dan witir di rumah juga dapat mendatangkan rezeki.

Demikian hal-hal yang dapat mendatangkan rezeki yang disampaikan Syekh Az-zarnuji dalam kitab ta’lim. Ada beberapa amalan lain untuk mendatangkan rezeki seperti yang ditulis pada artikel sebelumnya.

Sumber: Disarikan dalam keterangan dari Ta’lim Muta’allim karya Syekh Tajuddin Nu'man bin Ibrahim bin al-Khalil al-Zarnuji
 


(ACF)
TAGs: Rezeki