Sering Cuci Tangan Justru Bikin Kulit Kering? Ini Tips Mengatasinya

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 30/03/2020
Photo by Burst from Pexels
Photo by Burst from Pexels

Oase.id– Salah satu ikhtiar untuk mencegah persebaran virus korona (Covid-19) adalah dengan cara mencuci tangan serutin mungkin sehabis berpergian atau ingin masuk ke dalam rumah. Akan tetapi, perlu disadari bahwa mencuci tangan terus menerus bisa menyebabkan kulit tangan kering, terutama untuk jenis kulit tertentu. 

Apa sebabnya? Para ahli berpendapat, sedikit banyaknya kandungan bahan kimia pada sabun pencuci tangan bisa merusak jaringan lemak alami pada kulit. Kulit, yang sejatinya terdiri dari sel-sel pipih itu sebenarnya disatukan zat berlemak yang disebut mortar.

Usahakanlah memilih sabun yang sesuai dengan kondisi kulitmu agar tidak menimbulkan masalah lain pada tangan, terutama problem kemerahan atau iritasi.

Berikut adalah langkah mudah untuk mengatasi kulit kering tanpa meninggalkan imbauan mencuci tangan;

 

Air hangat

Cobalah mencuci tangan dengan menggunakan air hangat. Fungsi air hangat ini adalah untuk menjaga kelembaban kulit. Lakukan teknik mencuci tangan yang dianjurkan, yakni selama 20 detik agar bagian kulit benar-benar terhindar dari kuman, bakteri, dan virus yang menempel.

Gunakanlah sabun pencuci tangan yang mengandung zat pelembab agar lebih terlihat hasilnya.

 

Baca: Seduhan Serai Dipercaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Cara Menyajikannya

 

Handuk khusus

Siapkan handuk yang khusus dipergunakan untuk mengeringkan tangan. Hal ini, demi memastikan keseterilan pengering yang akhirnya mampu menjaga kulit tetap lembab.

Pastikan permukaan handuk tersebut benar-benar lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Cuci handuk khusus tersebut secara berkala. Dan yang paling penting, gunakan handuk tersebut khusus secara pribadi tanpa bergantian dengan orang lain. 

 

Baca: Bekerja atau Sekolah dari Rumah? Ikuti 3 Langkah Ini agar Tetap Produktif


Pelembab tangan

Pelembab tangan atau biasa disebut dengan hand cream banyak ditemukan di pasaran. Biasanya, hand cream memiliki wangi yang bermacam-macam. Dari wangi buah-buahan sampai bunga.

Setelah mencuci tangan dan mengelapnya hingga kering, oleskan hand cream dengan aroma favoritmu dan biarkan meresap.

Selain untuk melembabkan tangan, manfaat lain dari hand cream lainnya adalah untuk menutrisi dan mencerahkan kulit tangan, serta melindunginya dari sinar ultra-violet (UV).


(SBH)