Bepergian Selama Pandemi? Berikut Kiat dan Trik Keamanannya

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 27/07/2020
Photo by Julia_Sudnitskaya from iStock
Photo by Julia_Sudnitskaya from iStock

Oase.id – Pergi berjalan-jalan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Merencanakan dan menentukan tujuan wisata kemudian  mewujudkannya merupakan pengalaman yang tak kan terlupakan. 

Namun, semenjak wabah Covid-19 melanda di seluruh dunia, kegiatan perjalanan mau tidak mau harus dibatasi dan dilakukan secara berhati-hari. 

Perjalanan internasional dan domestik memiliki protokol kesehatan yang diberlakukan untuk menghindari penyebaran virus korona. Jika kamu ingin melakukan perjalanan, ikuti langkah – langkah ini untuk menghindari tertular virus mematikan tersebut;

Pengecekan kesehatan

Dilansir Traveldailynews.com, hal pertama yang perlu dilakukan saat hendak menempuh perjalanan saat pandemi adalah mengecek kesehatan dan  memastikan bahwa kamu terbebas dari virus tersebut. 

Pastikan kamu menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan sebagai bukti tidak membawa virus saat berpergian. 

Riwayat perjalanan

Cara virus ini menular adalah disebabkan adanya kontak dengan orang yang berbeda, meskipun di tempat yang berbeda-beda. 

Hal ini menyebabkan kamu harus menunjukkan riwayat perjalanan sebelum menggunakan kendaraan umum untuk memastikan bahwa kemungkinan tertular sangat kecil.

Alat pelindung diri

Pastikan juga bahwa kamu sudah memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjaga kebersihan selama perjalanan. Seperti sarung tangan, masker, tisu alkohol atau kering, pembersih tangan praktis dan sabun cuci tangan. 

Terapkan pula cara batuk atau bersin yang baik, dengan menutupi mulut dengan lengan baju.

 

Gunakan tusuk gigi saat menggunakan lift atau Atm dan membungkus semua dokumen dengan kantong plastik agar terjaga kebersihannya. Gunakan pembersih secara teratur saat Anda tidak mengenakan sarung tangan dan hindari memberikan botol pembersih kepada orang lain.

Baca juga: Tetap Gaya Selama Pandemi, Coba Tengok APD Modis Ini

 

Patuhi peraturan

Ingatlah pedoman mendasar yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memastikan keselamatan kamu. 

Pertahankan jarak aman sekitar 2 meter dari semua orang, hindari menyentuh barang atau orang, dan jangan melangkah ke tempat ramai. 

Cuci tangan secara teratur ketika mendapat kesempatan dan jangan gunakan milik orang lain. Pastikan kamu sejalan dengan semua tindakan pencegahan untuk menjamin keselamatan saat bepergian.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan