Bantuan Pulsa Harus Dibarengi Perbaikan Kualitas Belajar

Medcom.id - Pendidikan 29/08/2020
Photo by Sumaryanto from MediaIndonesia
Photo by Sumaryanto from MediaIndonesia

Oase.id- Bantuan pulsa kuota internet untuk pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring siap digelontorkan. Namun gelontoran bantuan pulsa ini harus dibarengi dengan perbaikan kualitas pola pembelajaran daring.
 
Dirjen PAUD Pendidikan Dasar Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumeri mengatakan, persoalan keterbatasan kuota internet menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan selama PJJ di masa pandemi Covid-19. Kini dengan adanya subsidi pulsa internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata Jumeri, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengikuti PJJ daring.
 
Begitu juga dengan guru, tidak lagi ada alasan tidak mampu melaksanakan PJJ daring karena masalah pulsa.“Sekarang Bapak Ibu guru tidak bisa beralibi karena anak tidak punya kuota, gurunya terbatas kuotanya. Besok tidak ada alasan ini lagi,” tegas Jumeri dalam Bincang Sore Kemendikbud, Jumat, 28 Agustus 2020.

Ia pun mewanti-wanti, agar dengan adanya subsidi pulsa internet ini guru dapat fokus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara daring dan meninggalkan pola lama yang ala kadarnya. Seperti hanya memberikan bahan ajar dan tugas kepada siswa hanya melalui aplikasi pesan.

 

“Kalau guru-guru kita masih mengajar pola-pola seperti kemarin, berarti perlu ada perbaikan (evaluasi),” ujarnya.

Kemendikbud memberikan subsidi pulsa internet untuk untuk siswa sebesar 35 gigabyte (GB) per bulan. Sedangkan guru sebesar 42 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen masing-masing 50 GB per bulan.
 
Subsidi pulsa ini nantinya akan diberikan selama empat bulan ke depan, dimulai dari September mendatang. Saat ini sekolah diminta mendata nomor telepon siswa untuk dimasukkan ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
 
“Awal Sepetember harus selesai. Bagi yang belum tercantum di tahap ini masih ada peluang masuk di tahap berikutnya,” ucapnya.


(SBH)
TAGs: Pendidikan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan