Luar Biasa, Inilah Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Phooby Kamaratih - Surah Al Quran 03/01/2022
 Photo by GR Stocks from Pexels
Photo by GR Stocks from Pexels

Oase.id - Surah Al-Mulk merupakan surah ke-67 dalam Al-Quran. Mengandung 30 ayat, surah ini termasuk dalam surah Makiyah. Lantas, apa keutamaan yang terkandung dalam surah ini?

Surah Al-Mulk mengandung makna kekuasaan Allah dalam menciptakan dunia dan seisinya. Nah, sebagaimana yang diajarkan dalam Islam, kita dianjurkan untuk membaca surah-surah Al-Quran agar mendapatkan pahala dari Allah Swt. Termasuk membaca Surah Al-Mulk.

Berikut ini, Oase.id merangkum apa saja keutamaan bagi seseorang yang membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk:

1. Diampuni dosanya dan dijauhkan siksa kubur

Keutamaan paling pertama dari surh Al-Mulk yaitu diampuni dosanya, makanya membaca surat ini dianjurkan dilakukan sebelum tidur. Sebagaimana hadis berikut, dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan:

“Barangsiapa membaca surah Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wa jalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i)

Dalam hadis lain dijelaskan,

عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرآن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)

“Dari Abu Hurairah, Nabi -shallallahu alaihi wasallam- bersabda: Ada surah dari Al Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, surah tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk." (HR. Abu Dawud)

2. Termasuk orang yang bertaqwa

Orang-orang yang tetap beribadah dan taat kepada Allah walaupun (Allah) tidak terlihat oleh mereka, maka golongan tersebut bertaqwa dan dijanjikan oleh Allah memperoleh pahala yang luar biasa. Sebagaimana Allah berfirman,

اِنَّ الَّذِيۡنَ يَخۡشَوۡنَ رَبَّهُمۡ بِالۡغَيۡبِ لَهُمۡ مَّغۡفِرَةٌ وَّاَجۡرٌ كَبِيۡرٌ‏

“Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Mulk : 12)

Itulah beberapa keutamaan dari membaca dan mengamalkan surah Al-Mulk setiap hari. Semoga kita mampu mengamalkan juga diampuni segala dosa-dosanya, aamiin.


(ACF)