Ayat Paling Agung, Inilah 3 Keutamaan Ayat Kursi

Phooby Kamaratih - Surah Al Quran Ayat Kursi 29/12/2021
Photo by GR Stocks from Pexels
Photo by GR Stocks from Pexels

Oase.id - Ayat kursi merupakan salah satu ayat dalam surah Al Baqarah ke 255, dan ayat ini mengandung banyak sekali makna yang menyangkut keimanan dan menjadi ayat yang paling Agung dalam Al-Quran.

Dalam suatu riwayat, Rasulullah ﷺ bertanya kepada Ubay bin Ka’ab tentang ayat yang paling utama dalam Al-Quran, “Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Quran?” Kemudian Ubay bin Kai menjawab, “Ayat paling utama dalam kitabullah adalah Ayat Kursi.” Dan Rasulullah ﷺ menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR Muslim).

Berikut Al Baqarah ayat 255 atau Ayat Kursi :

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

“Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

Melansir dari berbagi sumber, Oase.id akan memaparkan beberapa keutamaan dari ayat kursi:

1. Masuk surga

Mengamalkan ayat kursi setiap hari dan terutama setelah salat akan memberikan manfaat kepada kita kelak di hari akhir. Dalam sebuah riwayat dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِي دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلاَّ أَنْ يَمُوْتَ

“Barangsiapa membaca ayat kursi di akhir setiap salat, maka tidak yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian”. (HR. an-Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum Wal Lailah, no. 100)

2. Terlindung dari setan

Ayat kursi menjadi salah satu bacaan dzikir yang paling dianjurkan sebelum tidur agar selama tertidur kita selalu dalam lindungan Allah dan dijauhi dari perbuatan setan terkutuk. Dalam salah satu hadis, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

3. Membawa keberkahan

Dengan selalu mengamalkan ayat kursi setiap hari, maka datanglah manfaat berupa keberkahan dalam hidup dan dijauhkan dari kesulitan. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :

Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi." (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Ghazali).


(ACF)