Kisah 3 Masjid yang Terkenal di Pattani Thailand

N Zaid - Masjid 22/08/2022
Masjid Krue Se. Foto SS Youtube Geo Labs05
Masjid Krue Se. Foto SS Youtube Geo Labs05

Oase.id - Provinsi kecil di selatan Thailand, Pattani, mencakup sedikit lebih dari 1.000 km persegi dan terletak di utara Yala di pantai timur Thailand antara Songkhla di utara dan Narathiwat di selatan. Sebagian besar datar dan dataran rendah, sementara pantainya adalah pantai berpasir yang mendukung industri perikanan kecil serta tambak udang di mana-mana.

Provinsi Pattani telah menanggung beban terberat dari banyak serangan dalam kebangkitan kekerasan baru-baru ini di ujung selatan Thailand dan pengunjung ke provinsi tersebut harus berhati-hati terhadap perubahan situasi. Para pengunjung juga akan menemui penjagaan keamanan yang lebih tinggi dengan pos pemeriksaan militer dan polisi di sejumlah tempat. 

"Pengunjung harus berhati-hati dan menggunakan akal sehat mereka saat menjelajahi provinsi Pattani," tulis travelfish.org.

Laman wisata itu memperingatkan turis terutama dari Barat bahwa meskipun tidak ada serangan di Pattani yang secara khusus menargetkan turis barat, itu tidak berarti bahwa segalanya tidak akan berubah. Tetap up to date, membaca surat kabar dan mengawasi TV Thailand. Pattani tidak pernah menjadi prioritas utama bagi turis barat.

Padi dibudidayakan secara ekstensif di dataran rendah serta berbagai tanaman buah dan sayuran sementara semak belukar dan padang rumput yang luas digunakan untuk pemeliharaan ternak, sehingga pemandangan pedesaan, sementara kekurangan fitur topografi dapat lebih bervariasi daripada tak berujung. Perkebunan karet terlihat di tempat lain di ujung selatan. Populasi provinsi ini adalah 80% Muslim/etnis Melayu, meskipun kota Pattani memiliki komunitas Tionghoa yang besar dan mapan.

Sejumlah tempat muslim ikonik di Patani:

1. Masjid Krue Se

Masjid Krue Se adalah sebuah masjid di Provinsi Pattani Thailand. Masjid ini pertama dibangun pada tahun 1583, tapi tidak pernah selesai karena perebutan kekuasaan antara Sultan Pattani dan saudaranya. Struktur bangunan yang ada sekarang ini adalah bangunan yang sama sejak abad ke-18. Masjid berarsitektur campuran Eropa dan Timur Tengah. 

Masjid Kure Se adalah masjid tertua di Pattani. Krue Se terkenal mejadi tempat pembantaian 32 gerilyawan muslim oleh militer Thailand pada tanggal 28 April 2004. Pertumpahan darah terjadi karena militer Thailand menyerbu masjid setelah pengepungan selama tujuh jam.

Peristiwa ini menjadi subjek penyelidikan internasional yang menyimpulkan penggunaan kekuatan militer yang berlebihan. Pasalnya, kelompok militan yang berlindung di dalam masjid tidak bersenjata berat dan mudah ditaklukan karena kekurangan amunisi. 

Hingga kini jejak peristiwa kelam itu masih tampak. Sejumlah lubang peluru masih ada di dinding-dinding masjid. Ini menjadi sejarah yang terus menyulut api perlawanan bagi para pendukung separatis memperjuangkan kemerdekaan dari Thailand hingga hari ini.

2. Masjid Pusat Pattani 

embed

Tourismthailand.org menulisnya sebagai masjid terindah dan terbesar di Thailand. Dibangun pada tahun 1954, pembangunan masjid ini memakan waktu hampir sembilan tahun. Ini adalah pusat upacara keagamaan umat Islam di selatan. Arsitekturnya bergaya barat, mirip dengan Taj Mahal di India. Dengan kubah besar di tengah, ada empat kubah kecil di sekitarnya dengan dua menara. Sebuah kolam besar di depan masjid dan di dalamnya ada aula besar dan dua sisi koridor.

Masjid ini memiliki ruang sholat yang besar dan koridor yang panjang. Terdapat juga sebuah kolam besar di depannya. Masjid Pusat Pattani terletak di Jalan Yarang jalur Yarang-Pattani di Amphoe Mueang, Pattani.

3. Masjid Ban Dato 

embed

Masjid Ban Dato, alias Masjid Dato secara resmi dikenal sebagai Masjid Darul Naim, memiliki luas 240 meter persegi. Sebagai atraksi keagamaan dan sejarah utama, masjid ini terdaftar sebagai monumen kuno oleh Departemen Seni Rupa pada tahun 1935. 

Masjid ini mengalami beberapa renovasi. Renovasi pada tahun 1996 membuat struktur masjid lebih stabil. Sejarah masjid dimulai ketika Se Awae-o, seorang imigran dari negara Melayu Terengganu menyewa orang Cina untuk membangun tempat ibadah bagi umat Islam. Karena kelompok Tionghoa ini kemudian disewa oleh sultan untuk membangun Masjid Krue Se pada tahun 1722, diperkirakan Masjid Dato didirikan sekitar tahun 1720, pada akhir Periode Ayutthaya.

Masjid menjadi tempat ibadah utama bagi para pedagang dan navigator Muslim yang datang ke Pattani saat itu. Masjid asli dibangun dari batu bata dan mortar dan tidak dilapisi dengan plester. Lebar 10 meter, panjang 15 meter, dan tinggi enam meter. Tinggi lantai 0,6 meter. 

Di atas tengah masjid terdapat kubah besar setinggi 4,5 meter; namun, beberapa bagian bangunan tidak memiliki atap. Masjid baru kemudian dibangun di sisi timur masjid lama untuk meningkatkan kapasitas masjid untuk menyelenggarakan ritual keagamaan bagi sejumlah warga Muslim setempat. (tourismthailand.org)


(ACF)
TAGs: Masjid