Memperbanyak Sedekah Jariyah, Berikut 3 Contoh dan Keistimewaannya

Phooby Kamaratih - Nabi Muhammad Saw 30/07/2021
 Photo by Asifgraphy from Pexels
Photo by Asifgraphy from Pexels

Oase.id – Islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu bersedekah, karena bersedekah adalah salah satu perkara ibadah yang dicintai Allah Swt. Dengan bersedekah, niscaya datanglah banyak kebaikan dalam hidup seseorang. Allah Swt berfirman:

لَنۡ تَنَالُوا الۡبِرَّ حَتّٰى تُنۡفِقُوۡا مِمَّا تُحِبُّوۡنَ ؕ وَمَا تُنۡفِقُوۡا مِنۡ شَىۡءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيۡمٌ

"Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apapun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui." (QS. Ali- Imron ayat 92)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: 1.sedekah jariyah, 2.ilmu yang diambil manfaatnya, 3.anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631)

Sedekah jariyah bisa dilakukan dalam banyak hal. Untuk mengetahuinya Oase.id merangkum tiga contoh sedekah jariyah yang bisa menjadi ladang pahala:

1. Memberikan makan dan minum

Rasulullah ﷺ bersabda:

أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ سَقْيُ الْمَاءِ

“Sebaik-baik sedekah adalah memberi air minum.” (HR. Muslim).

Dan dalam riwayat lain, Rasulullah ﷺ ditanya tentang bagimana Islam itu, lalu Beliau menjawab:

تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Engkau beri makan dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal maupun yang tidak kamu kenal.”

2. Membangun masjid

Dengan membangun masjid atau mewakafkan tanah untuk membangun masjid merupakan salah satu amalan jariyah yang amalannya tidak akan putus. Nabi ﷺ, bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا يَبْتَغِي بِهِ وَجْهَ اللَّهِ ، بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang membangun masjid demi mencari wajah Allah, niscaya Allah bangunkan rumah baginya di surga”

3. Selalu bersedekah dikala sehat

Bersedekah selalu dianjurkan oleh islam untuk semua umat-Nya yang sedang dalam keadaan sehat dan berkecukupan. Bahkan, ganjannya bisa mencapai 700 kali lipat bagi mereka yang menjalankannya. Betapa Maha Pemurahnya Allah Swt.

Allah Swt berfirman dalam surat Al-Baqarah Ayat 261 :

مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”


(ACF)