13 Keutamaan Mengucapkan Salam

Siti Mahmudah - Salam Hukum Islam 16/11/2021
Adab Bertamu (Photo by mentatdgt from Pexels)
Adab Bertamu (Photo by mentatdgt from Pexels)

Oase.id - Mengucap salam hukumnya sunah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib hukumnya untuk menjawab. Selain sebagai ajaran Nabi ﷺ, juga bentuk penghormatan terhadap sesama Muslim. Bahkan, bisa dikatakan pokok penting dalam agama.

Sebagaimana isi kandungan dalam firman Allah surah an-Nur ayat 27, yakni memberikan perintah kepada umatnya untuk masuk rumah orang lain dengan mengucapkan salam sebagai permintaan izin.

Ucapan tersebut menjadi kalimat yang sering terdengar ketika bertamu, masuk rumah, hendak berpergian, sambutan, pengajian dan lain sebagainya. Sebab, ingin memperoleh pahala dan keutamaan.

Berikut ini Oase.id merangkum 13 keutamaan mengucapkan salam yang diambil dari kitab Tanqihul Qaul karya Syekh Nawawi Al-Bantani:

1. Mendapatkan pahala sunah

Syekh Abdul Qadir Jailani dalam kitabnya, Tanqihul Qaul menyatakan, bahwa "memulai dengan salam itu adalah sunah, dan menjawabnya lebih istimewa dari pada menjawabnya."

2. Mendapatkan keutamaan dari Allah Swt dan rasul-Nya

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: “Siapa yang memulai salam lebih dahulu maka ia adalah yang lebih utama menurut Allah dan Rasul-Nya”.

3. Mendapatkan rahmat dan kemuliaan dari Allah Swt.

Nabi  Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: “Sesungguhnya manusia yang paling dekat dengan Allah adalah orang yang memulai mengucapkan salam”

Maksud manusia yang paling dekat dengan Allah adalah dengan rahmat-Nya dan kemuliaan-Nya, yaitu orang yang lebih dahulu mengucapkan salam ketika bertemu dan berpisah.

4. Pokok sopan santun

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
“Pokok sopan santun adalah memulai dengan ucapan salam."

5. Menghapuskan dosa

Syekh Abdul Qodir Al-Jailani berkata: “Janganlah seorang muslim itu mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, kecuali kalau saudaranya itu termasuk ahli bid’ah dan kesesatan serta kemaksiatan. Maka disenangi mendiamkan terus-menerus kepada mereka. Dan dengan ucapan salam maka terlepaslah dari dosa mendiamkan seorang muslim."

6. Mendapatkan ampunan dari Allah Swt.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: "Apabila kedua orang Islam berjumpa, maka yang lebih dekat kepada Allah bagi keduanya adalah yang memberi salam lebih dahulu."

Dalam satu riwayat oleh Abu Dawud dari Al Barra Bin ‘Azib: "Apabila dua orang Islam berjumpa lalu keduanya berjabat tangan dan memuji kepada Allah saling meminta ampun, maka Allah mengampuni keduanya."
Hadis ini dinyatakan sebagai hadis hasan.

7. Mendapatkan rahmat dari Allah Swt

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Dalam riwayat Al Hakim dan Turmudzi dari Ibnu Umar Radiyallahu anhu (RA): "Apabila dua orang Islam berjumpa lalu salah seorang dari keduanya mengucapkan salam kepada sahabatnya, maka yang lebih dicintai Allah antara keduanya adalah yang lebih baik antara keduanya dengan bermuka manis kepada sahabatnya. Kemudian apabila keduanya berjabat tangan, Allah menurunkan kepada keduanya seratus rahmat, untuk yang memulai sembilan puluh dan untuk yang berjabat tangan sepuluh."

8. Dilimpahkan keselamatan

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: “Apabila kamu semua masuk dalam suatu majelis maka ucapkanlah salam dan apabila kamu keluar maka ucapkanlah salam."

Maksudnya disunahkan mengucapkan salam ketika berjumpa kepada orang Islam dan ketika berpisah meninggalkannya sebagai limpahan keselamatan.

9. Pokok sopan santun

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: “Pokok sopan santun adalah memulai dengan ucapan salam."

10. Terlepasnya dari dosa mendiamkan

Syekh Abdul Qodir al-Jailani berkata, "Janganlah seorang muslim itu mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, kecuali kalau saudaranya itu termasuk ahli bid’ah dan kesesatan serta kemaksiatan. maka disenangi mendiamkan terus-menerus kepada mereka. Dan dengan ucapan salam maka terlepaslah dari dosa mendiamkan seorang muslim."

11. Mendapatkan keutamamaan menjawab salam

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: “Manusia yang paling bakhil (kikir) adalah orang yang kikir (tidak mau memberi) salam."

12. Mendapatkan pahala memulai salam dan berjabat tangan

Ibnu Hajar berkata dalam Tambihul Akhyar: “Peliharalah mengucapkan salam dalam setiap hari kepada 10 orang, dan hendaklah ia yang memulai memberi salam lebih dahulu, karena ia lebih utama daripada menjawab."

13. Sebagai  penghormatan terhadap agama Islam

Nabi Shallallahu alaihi wasallam (ﷺ) bersabda:
Artinya: “Ucapan salam adalah penghormatan agama kita dan kesentausaan tanggungan kita."

Allah Swt berfirman: "Dan apabila kamu diberi suatu penghormatan, aka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik daripadanya atau balaslah sesamanya."

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Tanqihul Qaul karya Syekh Nawawi Al-Bantani


(ACF)