Disebut dalam Al-Quran, Inilah Manfaat Buah Delima

Octri Amelia Suryani - Buah Delima Manfaat Buah Delima Al-Quran 21/08/2022
Buah Delima (Fruchthandel_Magazin_@Pixabay)
Buah Delima (Fruchthandel_Magazin_@Pixabay)

Oase.id - Delima atau al-rumman adalah salah satu nama buah yang disebut Allah dalam Al-Quran. Buah al-Rumman atau buah delima ini disebut sebanyak tiga kali dalam Al-Quran.

Kata al- Rumman terdapat dalam Surah Al-An'am ayat 99 dan 141, dan Surah Al-Rahman ayat 68. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya buah delima.

Selain itu, buah delima merupakan buah kesukaan Nabi yang disebut dalam sebuah hadis: “Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga.” (Diriwayatkan oleh Al-Dzabi)

Setiap bagian buah delima memiliki banyak manfaat untuk manusia. Berikut beberapa manfaat buah delima yang dikutip dari beberapa sumber, antara lain:

Bagian dari buah delima yang memiliki manfaat:

1. Biji

Biji buah delima dapat dijadikan sebagai anti radang untuk mengatasi rematik. 

2. Bunga

Bunganya dapat mengobati radang selaput lendir pada gusi dan mengatai kegemukan pada seseorang atau obesitas.

3. Kulit akar

Selanjutnya kulit akarnya sebagai astrigen yang dapat mengobati diare, demam, keputihan dan mengatasi masalah keringat berlebihan.

4. Kulit buah

Terakhir kulitnya yang mengandung ekstrak metanol. Ekstrak ini dapat melawan bakteri penyebab diare, yaitu: Staphylloccus aureus, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Salmonella typhi, dan Candida albicans.

Khasiat atau manfaat buah delima bagi kesehatan juga disebutkan dalam sebuah hadis. Yaitu, hadis Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib yang artinya: “Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung.”


(ACF)