Mengenal Manti dan Eriste, Pangsit dan Pasta Favorit Masyarakat Turki

N Zaid - Kuliner 30/01/2023
Manti. Foto Ist
Manti. Foto Ist

Oase.id - Dua hidangan yang paling disukai oleh hampir semua orang Turki adalah manti dan eriste. Keduanya dibuat dari adonan linting tangan, pangsit isian dan pasta kental pendek ini dalam semua variasinya adalah makanan paling nyaman di musim dingin bagi masyarakat Turki.

Datang musim dingin, orang-orang di Turki suka menghangatkan diri dengan makanan rumahan favorit mereka, di antaranya pangsit isian Turki yang disebut sebagai "mantı" dan mie buatan tangan "erişte" yang merupakan dua hidangan klasik. Meskipun hidangan ini pasti juga dikonsumsi sepanjang tahun, fakta bahwa hidangan ini lebih kaya dan lebih berat karena berpusat pada adonan kaya karbohidrat membuatnya sangat menarik saat energi rendah. 

Keduanya merupakan hidangan yang sangat mengenyangkan dan sangat diidamkan yang dimakan di rumah dan restoran yang khusus hanya menyediakan manti dan eriste, menjadikannya kurang umum di antara hidangan Turki paling terkenal yang lebih dikenal orang asing. Oleh karena itu, ini adalah panduan tentang jenis mantı dan erişte yang disukai orang Turki dan di mana menemukannya.

Pangsit Turki
Manti mengacu pada pangsit yang memiliki banyak nama mirip dan dikonsumsi di Asia Tengah. Di Turki, manti tersedia dalam banyak ukuran berbeda, tetapi pangsit Turki klasik adalah adonan seukuran kacang kenari yang dibungkus dengan daging domba dan bawang yang ditumis dan dibumbui yang kemudian direbus. Pangsit disajikan dengan topping yogurt yang dibumbui bawang putih dan gerimis mentega cair dengan bubuk cabai merah. 

Kadang-kadang sebagai pengganti mentega yang mengandung lada Aleppo yang ditaburkan di atasnya, sesendok saus pasta tomat dan lada merah juga bisa dituangkan di atas yogurt bawang putih. Dalam banyak kasus, saat makan mantı di restoran, pelanggan akan ditanya apakah mereka ingin yogurt mereka dicampur dengan bawang putih dan apakah mereka lebih suka saus mentega atau saus pasta tomat di atas pangsit mereka. 

Mantı juga disajikan bersama rempah-rempah seperti serpih paprika merah, sumac giling, dan mint kering, yang ditaburkan orang di atasnya tergantung pada preferensi pribadi mereka.

Meskipun gaya yang saya jelaskan adalah cara paling umum untuk mengonsumsi manti, Anda akan melihat bahwa ada banyak variasi berbeda yang bahkan lebih menarik. Kayseri adalah daerah yang namanya identik dengan manti dan gaya penyajian pangsitnya adalah versi mini. Kayseri mantısi adalah merek dagang budaya daerah tersebut dan konon di sinilah popularitas pangsit menyebar ke daerah lain di Anatolia. Ada juga 36 variasi pangsit berbeda yang dapat dikaitkan dengan Kayseri.

Sementara pangsit versi klasik direbus, manti Turki juga dapat dipanggang dan digoreng serta disajikan dengan isian yang beragam dan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun, Kayseri Tepsi Mantisi, juga disebut Sini Mantisi tentu saja yang paling mewah. Dalam persiapan ini, pangsit kecil disusun melingkar di atas nampan dengan kantong isian terbuka terbuka dan disiram dengan saus pasta tomat setelah itu dipanggang. Baki bundar dengan gaya mantı ini kadang-kadang dapat ditemukan di supermarket.

Faktanya, mantı premade dapat dibeli dari banyak pasar petani dan idealnya toko charcuterie atau gourmet di mana mereka juga dijual segar dan buatan tangan. Kadang-kadang, manti disimpan di etalase terpisah dan Anda dapat mengisi tas sebanyak yang Anda mau. Banyak toko juga akan memiliki manti berukuran mini yang diisi dengan kedelai dan dengan demikian vegetarian.

Meskipun ada sejumlah variasi pangsit vegetarian tradisional daerah, semakin banyak restoran yang melayani mantı telah menambahkan pilihan seperti bayam dan keju dan varietas isian kentang. Tapi Hingel manti adalah pangsit yang lebih besar dan berbentuk lebih datar yang juga disebut sebagai Cerkez mantısı (Circassian mantı) dan Sinop Mantisi. Jenis mantı khusus ini, walaupun bisa juga memiliki variasi isi daging, sebenarnya dikenal sebagai versi mantı isi kentang.

Çitir manti, alias Bodrum mantı, mengacu pada pangsit yang digoreng dengan minyak, bukan direbus. Masih dilapisi dengan yogurt bawang putih khas dan mentega pedas, manti goreng ala Hingel benar-benar nikmat. Variasi mantı menarik lainnya termasuk persiapan pangsit Nevsehir dengan buncis dan yang terkadang bahkan bukan pangsit sama sekali, karena tradisinya adalah melapisi isian di atas selembar adonan yang kemudian digulung dan dipotong menjadi porsi seukuran gigitan. Peravu, kadang-kadang disebut mantı Cappadocian, adalah pangsit berbentuk segitiga yang diisi dengan keju dan Bolu mantisi diisi dengan jamur.

Mie yang dipotong dan digulung dengan tangan
Sementara manti tampaknya memiliki variasi yang tak ada habisnya dalam persiapannya, eriste, mi buatan tangan tradisional Turki, sebagian besar mempertahankan bentuk dan ukurannya yang klasik. Mirip dengan manti, adonan untuk eriste dibuat dari tepung, garam telur, dan air. Digulung menjadi lembaran tipis, adonan kemudian diiris menjadi irisan selebar kira-kira setengah sentimeter, yang dipotong kecil-kecil lalu dikeringkan. 

Meskipun jenis mie ini sulit ditemukan disajikan di restoran, mie ini merupakan bahan pokok bagi banyak rumah tangga Turki yang telah menyiapkan dan mengisi pantry mereka dengan pasta, atau membeli dalam kantong dari ibu rumah tangga lokal yang menjual produk mereka di pasar petani. Sementara mantı cenderung memiliki isian dekaden dan disiram dengan yogurt bawang putih gurih dan saus tomat atau mentega lada, eriste disajikan dengan sangat sederhana. Faktanya, saus untuk eriste cenderung hanya berupa mentega, dengan kenari yang dihancurkan dan terkadang keju yang rapuh di atasnya.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Kuliner