Penjelajah Asal Oman Jalan Kaki Tempuh Rute Haji dari Salahah ke Makkah

N Zaid - Arab Saudi 24/02/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Bakheet Al Omari, seorang musafir Oman, melakukan perjalanan dari Salalah, Oman, ke Mekah, Arab Saudi, dengan berjalan kaki untuk merayakan Hari Pendirian Kerajaan.

Menempuh jarak dalam 52 hari, perjalanan Al Omari dimulai dari Kompleks Kebudayaan dan Hiburan Sultan Qaboos di Salalah dan melewati Yaman sebelum memasuki Arab Saudi melalui pelabuhan Al Wadia.

Al Omari, berusia 58 tahun, berbagi rincian perjalanannya dan mengatakan itu bukan hanya tantangan fisik baginya tetapi juga ziarah yang sangat pribadi untuk menunaikan haji dan umrah setibanya di Mekah pada Hari Pendirian.

Perjalanannya menelusuri rute sejarah konvoi haji Oman, sebuah tradisi yang sudah ada sejak lebih dari 70 tahun, dan mencakup berbagai medan dan wilayah, termasuk jalur gurun Wadi Hadramawt, Tamim, Najran, dan akhirnya mengarah ke Mekah.

Setelah pensiun dari Tentara Oman, Al Omari membentuk kelompok 'Sadah untuk Jalan Kaki dan Petualangan' di wilayah Dhofar.

Perjalanannya direncanakan secara rinci dan mendapat persetujuan dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pemuda di Oman.

Sepanjang perjalanan, Al Omari mendapat dukungan dan keramahtamahan yang luar biasa dari komunitas yang ia lewati, termasuk masyarakat di Kegubernuran Sharurah serta wilayah Asir dan Al Baha. Partisipasinya dalam perayaan Founding Day bersama warga Saudi dan pelaksanaan umrah dan haji di Mekkah adalah puncak dari perjalanannya.

Al Omari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Saudi dan rakyatnya atas sambutan hangat dan bantuan yang diberikan sepanjang perjalanannya, termasuk perawatan medis dan persahabatan petugas keamanan dan penduduk setempat.


(ACF)
TAGs: Arab Saudi