Termasuk Hagia Sophia, Ini 5 Masjid Bersejarah di Turki

Octri Amelia Suryani - Masjid 28/08/2022
Masjid Hagia Sophia (Foto: Claudia Beyli dari Pixabay)
Masjid Hagia Sophia (Foto: Claudia Beyli dari Pixabay)

Oase.id - Turki tak hanya memiliki tempat wisata yang indah. Turki seperti diketahui juga menjadi tempat banyak masjid megah dan memiliki sejarah yang sangat panjang.

Masjid-masjid megah di negara mayoritas muslim ini memiliki usia yang sudah cukup tua karena dibangun pada masa kerajaan sebelumnya.

Lalu, masjid apa saja yang bersejarah tersebut? Simak penjelasan berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Masjid Sulaimaniyah

embed

Masjid Sulaimaniyah dibangun oleh Sultan Sulaiman I pada tahun 1550. Arsiteknya bernama Mimar Sinan. Hal itulah yang menjadikan masjid ini sangat erat kaitannya dengan masa kerajaan Ottoman yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Sulaiman I.

Masjid Sulaimaniyah diklaim sebagai masjid terbesar yang ada di Istanbul, Turki. Klaim tersebut logis karena lebarnya mencapai 58 meter dan panjangnya mencapai 59 meter.

Masjid ini tak hanya sebagai tempat untuk beribadah. Namun, juga difungsikan sebagai rumah sakit, madrasah, perguruan tinggi, dan sebagai dapur untuk masyarakat yang kekurangan makanan.

2. Masjid Rustem Pasha

embed

Dinamakan masjid Rustem Pasha karena masjid ini dibangun oleh Rustem Pasha. Ia merupakan menantu dari Sultan Sulaiman yang berasal dari Bosnia.

Masjid Rustem Pasha ukurannya tidak terlalu besar atau lebih kecil dari masjid lainnya. Sebab, Sultan Sulaiman pada masa itu tidak memperbolehkan untuk membangun masjid yang dapat menyaingi masjid yang telah dibangunnya.

Interior masjid Rustem Pasha dihiasi dengan keramik berwarna merah yang didatangkan khusus dari Iznik. Kita tahu bahwa Iznik merupakan suatu daerah di Turki yang terkenal dengan hasil keramiknya.

3. Masjid Hagia Sophia

embed

Masjid Hagia Sophia memiliki sejarah yang sangat menarik, karena sebelumnya masjid ini merupakan sebuah gereja di masa Byzantium Roma. Bangunan tersebut diubah menjadi sebuah masjid oleh Sultan Muhammad Al Fatih.

Hiasan di dalamnya diganti dengan tulisan-tulisan Arab. Meski demikian, masjid Hagia Sophia tetap memiliki gaya arsitektur ala Romawi.

Saat ini, masjid Hagia Sophia telah dialihfungsikan sebagai museum yang memiliki segudang sejarah di Turki. Karena memiliki segudang sejarah itulah setiap hari banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

4. Masjid Agung Mardin

embed

Mardin merupakan sebuah kota di Turki. Letaknya berada di tenggara dan berbatasan dengan negara Irak serta Suriah. Pada tahun 641 Masehi, Kota Mardin ditaklukkan oleh Bani Umayyah. Pada akhirnya dijadikan sebagai kota Islam dan orang Arab banyak yang mengunjunginya.

Salah satu peninggalan sejarahnya adalah Masjid Agung Mardin. Masjid ini masih ada hingga sekarang. Di sana terdapat kubah besar dengan menara masjid yang sangat kokoh.

5. Masjid Biru

embed

Masjid Biru sangat populer di Turki. Dibangun oleh Sultan Ahmet I pada tahun 1616. Pada awalnya Mimar Sinan, yaitu seorang arsitek terkenal sekaligus guru Sultan, menunjukkan sebuah bangunan bergaya Timur Tengah dengan perpaduan gaya Romawi kepada Sultan. Kemudian sang Sultan memiliki ide untuk membangunnya dalam sebuah masjid dengan bantuan seorang arsitek yang bernama Sedefkar Mehmed Agha.

Masjid Biru memiliki satu kubah utama dan delapan kubah penyangga. Jadi, masjid biru memiliki sembilan kubah. Selain itu, di sana ada enam menara yang menjulang tinggi.

Siapa saja yang berkunjung ke sana akan terpukau dengan keindahan warna birunya. Dan di malam hari, masjid Biru akan terang dengan lampu-lampu yang ada di dalamnya.


(ACF)
TAGs: Masjid