Kereta Api Jarak Jauh Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini

Medcom.id - Corona (Covid-19) 12/06/2020
Photo by Antara/Raisan Al Farisi
Photo by Antara/Raisan Al Farisi

Oase.id- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta api (KA) jarak jauh mulai hari ini, Jumat, 12 Juni 2020. Layanan kereta jarak jauh tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran covid-19.

"KA jarak jauh yang kembali beroperasi adalah KA Serayu relasi Pasar Senen – Purwokerto dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 09.15 WIB," ucap Kepala humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melansir Medcom.id, Jumat, 12 Juni 2020.

Pihaknya sudah menyiapkan pedoman masa adaptasi kebiasaan baru dalam pelayanan terhadap pelanggan baik angkutan penumpang dan barang. Pedoman mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Protokol kesehatan yang berlaku meliputi penyediaan perangkat pencuci tangan dan cairan antiseptik; petunjuk jaga jarak fisik antarpenumpang di seluruh area pelayanan dan ruang tunggu; hingga penyediaan ruang isolasi sementara di atas kereta.

"Untuk memastikan kebersihan di stasiun dan di atas kereta selama perjalanan, petugas rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit sekali secara bergantian menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan," ujar Eva.

Penumpang diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh (maksimal 37,3 derajat celcius), dan menggunakan masker hingga faceshield (kaca penutup muka). Faceshield akan diberikan gratis untuk pengguna yang telah memproses pengecekan tiket.

 

Penggunaan faceshield dan masker tersebut diwajibkan selama perjalanan kereta api. Petugas KA akan mengecek suhu tubuh penumpang secara berkala selama perjalanan kereta.

"Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat celsius atau lebih dan mengalami gejala covid-19, maka penumpang tersebut akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta," kata Eva.

Kurangi kontak antarmanusia

Eva mengatakan pemesanan tiket saat masa adaptasi hanya dapat dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Loket hanya difungsikan untuk pembelian go show (tiga jam sebelum jadwal Keberangkatan) di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.

"Penumpang juga diminta melakukan pemeriksaan tiket secara mandiri saat proses boarding guna mengurangi kontak fisik dengan petugas," sambungnya.

Petugas kereta api yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang, lanjutnya, dibekali dengan alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan, dan faceshield. Petugas tersebut antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska (polisi khusus kereta api), pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.

Penerapan pedoman juga berlaku untuk angkutan barang seperti jaga jarak fisik di loket pelayanan barang, penyediaan wastafel portabel dan hand sanitizer. Kemudian memeriksa barang-barang yang akan diangkut secara mendetail serta mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan.


(FER)