Mal walking: Tren Kebugaran Terbaru di Arab Saudi

N Zaid - Olahraga 16/08/2023
foto: Arabnews
foto: Arabnews

Oase.id -  Berjalan di mal, atau 'mallercise', adalah pilihan yang aman — dan gratis — bagi orang yang ingin aktif secara fisik dan lebih suka tidak membayar biaya yang besar untuk bergabung dengan gym. Ini sangat menarik ketika cuaca panas membuat kegiatan di luar ruangan terlalu tidak nyaman. Memang, jalan-jalan di mal sudah lazim di kalangan penduduk Saudi, cara untuk melihat-lihat barang sambil membakar kalori.

Berjalan secara luas dianggap sebagai salah satu bentuk latihan dasar yang paling bermanfaat, dan menghitung langkah adalah taktik motivasi yang bagus untuk mencapai tujuan kebugaran. Jadi bagi banyak pria dan wanita, satu jam berjalan di mal adalah 'sambil menyelam minum air, atau sambil berolahraga, cuci mata'.

Manal Alanazi, seorang warga Saudi berusia 40 tahun di Riyadh, mengatakan kepada Arab News: “Saya suka berjalan di malam hari, dan berjalan di sekitar mal adalah pilihan terbaik saya karena saya merasa lebih aman di sana daripada berjalan di sekitar lingkungan saya.”

Ada lebih banyak pria yang berjalan-jalan di mal daripada wanita, menurut Ahmed Saeed, seorang penjaga keamanan di Al-Nakheel Mall Riyadh.

“Saya sudah lama menjadi penjaga, dan saya tahu ketika orang memasuki mal apakah mereka di sini untuk berbelanja atau berolahraga,” klaimnya, seraya menambahkan bahwa mall-walking sangat populer selama Ramadhan. 

“Itu adalah waktu tersibuk. Sebagian karena belanja Idul Fitri, tetapi sebagian besar karena orang berusaha menjaga berat badan atau menurunkan berat badan menjelang Idul Fitri.”

Seiring bertambahnya jumlah mal di seluruh Kerajaan, demikian juga jumlah pejalan kaki mal. Namun, seperti dicatat oleh Saeed Abdullah, pensiunan insinyur berusia 58 tahun dari Provinsi Timur, tidak semua mal cocok untuk berolahraga.

“Saya tinggal di Dammam, dan meskipun ada beberapa mal di sini, saya hanya pergi ke satu mal tertentu untuk jalan-jalan sehari-hari karena strukturnya seperti lintasan lari dalam ruangan,” katanya.

Jalan-jalan di mal sangat cocok untuk warga lanjut usia yang mungkin tidak ingin pergi ke gym yang ramai — dan bagi siapa banyak olahraga sekarang dapat menimbulkan risiko fisik. Fatmah Alomar, seorang pelatih kebugaran di sasana di Riyadh, berkata, “Kami jarang melihat warga lanjut usia. Sebagian besar anggota gym kami adalah gadis muda dan wanita paruh baya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami menambahkan lintasan lari dalam ruangan di gym kami untuk menarik lebih banyak warga lanjut usia untuk bergabung dengan pusat kami, dan ada satu set mesin untuk membantu mereka yang menderita sakit lutut,” lanjut Alomar.

Tren berjalan-jalan di mal menunjukkan bahwa orang-orang di Kerajaan Arab Saudi telah menemukan cara-cara kreatif untuk melatih kebugaran fisik mereka. Sports Boulevard, salah satu megaproyek yang sedang dikembangkan di Riyadh, juga akan menjadikan ruang yang aman dan nyaman untuk berjalan kaki menjadi lebih mudah diakses oleh penduduk kota.

Direncanakan sebagai taman linier terbesar di dunia, Sports Boulevard akan mencakup lebih dari 50 fasilitas olahraga “untuk mempromosikan kesehatan fisik dan sosial semua orang di Riyadh, memberikan pilihan alternatif, permanen, dan unggul bagi mereka yang berolahraga di mal,” kata Ahmad bin Askar , kepala petugas komunikasi Sports Boulevard.

Salah satu tujuan utama Sports Boulevard adalah untuk mendorong penduduk dari semua kelompok umur, termasuk warga lanjut usia, untuk mengikuti olahraga akar rumput. Ini akan menjadi kombinasi dari “kehidupan hijau melalui infrastruktur dan fasilitas canggih,” menurut bin Askar.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Olahraga