Pesona Permata Laut Hitam Türkiye Mulai Kebanjiran Turis dari Teluk dan Eropa

N Zaid - Travel 14/08/2023
Foto: Dailysabah
Foto: Dailysabah

Oase.id - Salah satu pusat Türkiye yang paling menonjol di wilayah Laut Hitam bagian timur sedang menikmati gelombang masuknya wisatawan. Umumnya datang dari Negara Teluk dan Eropa. Mereka ingin 'ngadem' dari kehidupan kota yang ramai dan panas yang ekstrem.

Terkenal karena kekayaan sejarah dan alamnya, Trabzon selama beberapa tahun terakhir telah berubah menjadi hot spot, terutama bagi para pelancong Arab, menawarkan perpaduan harmonis antara lanskap hijau subur dan perairan biru yang memesona.

Tamer Erdoğan, kepala direktorat budaya dan pariwisata provinsi, menegaskan permintaan yang tinggi untuk wilayah tersebut. Ia merujuk pada minat yang meningkat dari Eropa selama musim yang sedang berlangsung.

“Semua negara Teluk menunjukkan minat pada kota kami. Baru-baru ini, kami juga melihat minat yang meningkat dari negara-negara Eropa, terutama Belanda, Italia, Prancis, dan Jerman,” kata Erdogan.

Sekitar 400.000 orang asing mengunjungi Trabzon dari Januari hingga Juli tahun ini, menandai peningkatan 79% dari tahun ke tahun, menurut data resmi.

Pariwisata adalah sumber pendapatan penting bagi Türkiye karena Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan pemerintahannya berfokus pada pengurangan defisit neraca berjalan untuk mengatasi inflasi yang membandel.

Erdogan menyatakan optimisme melampaui angka tahun lalu.

“Dengan mempertimbangkan pengunjung domestik dan mancanegara, total selama tujuh bulan pertama tahun 2023 mencapai 740.000 pengunjung, meningkat 43% dari rata-rata tahun sebelumnya,” katanya.

Di bulan Juli saja, Trabzon menampung 192.892 turis asing, melonjak 112% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Angka tersebut mencapai 268.427 jika digabungkan dengan wisatawan domestik, yang berarti lonjakan 81% dibandingkan Juli 2022.

Trabzon menawarkan banyak hal. Ini menampilkan beberapa atraksi terkenal, termasuk dataran tinggi dan landmark yang indah seperti Uzungöl, Biara Sümela, Danau Sera, Gua Çal, Şahinkaya, Boztepe, Biara Kızlar, Ganita dan Masjid Hagia Sophia yang berusia berabad-abad.

Erdoğan menekankan bahwa pengunjung secara khusus tertarik ke dataran tinggi Trabzon. "Sümela, Uzungöl, Hıdırneb, dan dataran tinggi kami lainnya adalah tujuan utama. Tamu kami suka menghabiskan waktu di tepi sungai dan di tempat-tempat sejuk, menikmati ketenangan alam," katanya.

Selain berbelanja di pusat kota, wisatawan juga melakukan kegiatan seperti trekking, arung jeram, safari, memancing, menunggang kuda, wisata perahu dan kapal pesiar, panjat tebing, dan paralayang.

Sorotan penting adalah peningkatan yang signifikan dalam tur perahu di Trabzon, dengan peningkatan 50% yang dilaporkan dalam tur perahu baru-baru ini, menurut Erdogan.

"Para tamu kami menikmati naik perahu di sepanjang wilayah pesisir untuk mengalami tujuan yang berbeda. Tren ini merevitalisasi Trabzon, meningkatkan pariwisata alternatif dan wisata bahari," katanya.

Manajer Fasilitas Danau Sera, Hayri Can Aydın, juga mengakui tren pariwisata yang konsisten.

"Intensitas pariwisata tetap stabil dibandingkan tahun lalu. Kami menerima banyak wisatawan, terutama dari Bahrain, Uni Emirat Arab, Oman, dan Yordania. Kami beroperasi dengan kapasitas penuh tujuh hari seminggu," kata Aydın.

Dia mengaitkan peningkatan jumlah pengunjung sebagian karena kondisi cuaca yang mendukung.

Menyoroti afinitas wisatawan terhadap alam, Aydın melanjutkan: "Musim saat ini berjalan dengan baik, dan kami berharap akan terus seperti ini. Kami saat ini berada di bulan Agustus, dan musim secara bertahap mereda. Kami fokus pada perencanaan dan penerapan strategi untuk meningkatkan daya tarik untuk tahun depan dan semakin memikat minat wisatawan kita."

Mustafa Şahin, seorang turis Jerman keturunan Turki berusia 58 tahun yang sedang berlibur bersama keluarganya di Trabzon, mengatakan bahwa wilayah tersebut menawarkan “pesona alam yang berbeda.”

"Kami memiliki kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat seperti Boztepe dan Hagia Sophia. Laut dan pemandangannya benar-benar menakjubkan. Masih ada tempat yang belum dijelajahi menunggu kami. Daerah ini sangat indah," kata Şahin.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Travel