Piala Dunia 2022 Tanpa Alkohol: Antusiasme yang Lebih Murni

N Zaid - Olahraga Piala Dunia 2022 30/11/2022
Ilustrasi fans sepakbola Reuters
Ilustrasi fans sepakbola Reuters

Oase.id - Untuk pertama kalinya, Piala Dunia digelar di negeri muslim pada gelaran 2022 ini. Qatar sebagai tuan rumah pun menunjukkan identitas keislamannya dengan mengeluarkan larangan alkohol di stadion. Keputusan yang kemudian membuat fans sepakbola dari negeri-negeri nonmuslim meradang. 

Namun, sebuah kebijakan tentu akan memunculkan dua reaksi. Yang menerima dan yang menolak. Jika media sosial terutama di negeri-negeri Eropa dipenuhi cemoohan terhadap Qatar, sebuah video menunjukkan empat fans Inggris yang datang ke Qatar memberikan pendapatnya tentang peraturan stadion tanpa alkohol yang diberlakukan selama Piala Dunia.

Keempat fans tersebut justru merasa senang dan baik-baik saja  meski kali ini harus menonton sepakbola tanpa ditemani alkohol.

"Sangat menakjubkan. Ya ini sedikit jauh dari negara kami tapi akomodasi, keramahtamahan, tak ada lagi yang bisa kami katakan," kata seorang suporter Inggis yang ditemui seperti dikutip dari Youtube 

Yang lainnya menambahkan,"Seperti yang dikatakan teman kami, sambutan hangat, persahabatan orang-orangnya. Dan ya ini pertemuan besar antara timur dan barat, tetapi Anda hanya harus menghormati orang dengan budaya mereka dan itu indah, dan saya pikir tanpa alkohol bukan hal yang buruk karena antusiasme yang Anda lihat itu murni tidak didorong oleh alkohol, dan semua orang lebih bersatu dibanding ketika alkohol terlibat."

"Memang sepertinya berbagai hal yang semula diperbolehkan kini dicabut tidak boleh dilakukan, tetapi semua baik-baik saja, dan kami di sini menikmatinya," papar satu fans lain. 

"Bagi saya, sudah menjadi tradisi minum bir, menonton pertandingan, menikmati pertandingan bersama teman-teman," kata Stefaan Pacquee, seorang dokter Belgia yang melakukan perjalanan ke Qatar dari rumahnya di Sydney, Australia, saat dia memasuki stadion sebelum pertandingan Belgia vs Maroko pada hari Minggu.

Dia mengatakan dia memiliki pengalaman bir dan sepak bola pertamanya pada usia 16 tahun dengan ayahnya.

"Jadi saya merindukannya. Dan saya rasa Budweiser Zero tidak akan mengimbanginya. Tapi hei, kita di sini, cuacanya indah, suasananya luar biasa," kata Pacquee.

Penggemar Jerman Christian Kopatsch mengatakan alkohol sering dilarang pada pertandingan di negara asalnya yang dianggap berisiko tinggi terhadap kekerasan di kalangan pendukung, jadi Piala Dunia yang sebagian besar kering bukanlah penyesuaian besar baginya.

Dia mengatakan dia melihat perubahan suasana di mana, selain dari pertempuran kecil antara beberapa penggemar Meksiko dan Argentina, tidak ada laporan kekerasan, berbeda dengan masalah yang pecah di Belgia setelah kemenangan Maroko dan pertempuran antara Inggris dan Wales. 

"Saya pikir ini lebih damai. Tidak ada orang mabuk di mana-mana dan orang-orang normal dan bahagia," kata Kopatsch sebelum hasil imbang 1-1 Jerman dengan Spanyol pada Minggu.

Berbicara di talkSPORT, kolumnis Sportsmail Martin Keown mengatakan dia 'tidak menentang' kebijakan Piala Dunia tanpa alkohol di Qatar tersebut.

"Banyak yang telah dikatakan tentang aturan Qatar dan mereka berlaku di negara mereka," kata Keown. Ini adalah salah satu yang saya pikir tidak benar-benar saya lawan. Saya pikir Piala Dunia yang kering (tanpa cairan alkohol) dan tenang mungkin bagus untuk kita semua," kata dia.

Di sisi lain, [erubahan aturan berpotensi menempatkan penyelenggara pada risiko tindakan hukum, dengan merek bir Budweiser dilaporkan memiliki kesepakatan sponsor senilai US$75 juta dengan FIFA.

Qatar telah setuju untuk 'menghormati mitra komersial FIFA' ketika mereka meluncurkan penawaran Piala Dunia mereka, sebuah janji yang diulangi ketika menandatangani kontrak setelah memenangkan pemungutan suara pada tahun 2010.

Perubahan aturan dikatakan telah dilakukan menyusul tekanan dari keluarga kerajaan Qatar yang kuat.

Anheuser-Busch InBev, pemilik Budweiser, menanggapi berita tersebut dengan menyatakan bahwa ada 'keadaan di luar kendali perusahaan'.

Tanggapan raksasa pembuat bir datang tak lama setelah posting di akun Twitter Budweiser mengatakan 'yah, ini canggung ...' sebelum akhirnya dihapus.

FIFA mengatakan penjualan alkohol akan difokuskan pada 'zona penggemar' khusus di mana pint berharga £12, hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu, dan dibatasi hingga empat pint per orang.

Satu-satunya tempat alkohol sekarang dapat dibeli di dalam atau di sekitar stadion adalah di kotak perhotelan, yang dimulai dari US$22.450 per pertandingan.

FIFA telah menyetujui permintaan dari penyelenggara untuk memindahkan stan konsesi Budweiser ke area yang kurang terlihat, setelah mengklaim outlet tersebut terlalu mencolok.

Restoran dan bar hotel yang memiliki izin akan dapat menjual alkohol seperti biasa.

Di Qatar sendiri, minum alkohol di ruang publik dilarang dan dapat mengakibatkan mereka yang tertangkap dipenjara selama enam bulan.


(ACF)